Diego Simeone Siapkan Taktik Kejutan untuk Melawan Arsenal di Liga Europa

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 24 April 2018
Diego Simeone Siapkan Taktik Kejutan untuk Melawan Arsenal di Liga Europa
Diego Simeone siapkan taktik tiga bek untuk melawan Arsenal (Getty Images)

BolaSkor.com - Atletico Madrid tampak telah merelakan pertarungan di La Liga untuk fokus menjuarai Liga Europa. Terbukti, mereka bermain imbang tanpa gol melawan Real Betis setelah sebelumnya kalah 0-3 dari Real Sociedad. Pada laga tersebut, Diego Simeone mengistirahatkan tiga pemain andalannya.

Koke, Diego Godin, dan Antoine Griezmann, diistirahatkan Simeone untuk melawan Arsenal di leg pertama semifinal Liga Europa yang berlangsung Jumat, 27 April 2018 pukul 02.05 dini hari WIB di Emirates Stadium. Bahkan, ada indikasi Simeone keluar dari "kotak" dengan memainkan taktik yang berbeda dari biasanya.

Jika biasanya Atletico identik dengan taktik klasik 4-4-2 dengan variasinya seperti 4-4-1-1, maka saat melawan Arsenal, Atletico bisa bermain dengan formasi tiga bek. Andai menerapkan formasi tersebut, Simeone boleh jadi berharap timnya tidak kebobolan dan bisa mencetak gol tandang untuk dibawa ke leg kedua nanti.

"Pilihan saya di London tergantung dengan apa yang terlintas di pikiran saya pada hari Rabu nanti, begitu juga dengan keinginan hati. Saya mungkin menggunakan tiga bek di London. Mengapa tidak?" tutur Simeone di London Evening Standard, Senin (23/4).

"Tim menjelang laga Kamis nanti (kontra Arsenal) dengan kondisi yang sangat baik. Kami telah melakukan perubahan penting dan pemain meresponnya. Saya harus merotasi untuk memastikan memiliki pemain yang bugar. Itulah mengapa saya memberikan Vitolo, Fernando Torres, (Angel) Correa, dan Saul (Niguez) lebih banyak waktu bermain. Saya berharap semuanya dalam kondisi kebugaran yang bagus untuk laga nanti," terangnya.

Satu-satunya kehilangan Atletico saat melawan Arsenal nanti adalah absensi Diego Costa. Striker berpaspor Spanyol masih dalam tahap pemulihan cedera hamstring. Costa bisa jadi momok lini belakang Arsenal dengan kekuatan fisik dan keberaniannya beradu badan. Setidaknya, keberadaan Costa yang pernah bermain untuk Chelsea bisa merepotkan baris bertahan Arsenal.

Andai Simeone benar menerapkan taktik tiga bek melawan Arsenal, maka mereka diprediksi akan memberikan ancaman melalui situasi bola mati dan serangan balik cepat. Taktik ini sejauh ini efektif bagi tim yang melawan Arsenal-nya Arsene Wenger.

Liga Europa Atletico Madrid Arsenal Diego simeone
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan