Digelar Tepat Saat FIFA Matchday, Persija Minta Laga Tunda Kontra Persita Dijadwal Ulang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 18 Maret 2023
Digelar Tepat Saat FIFA Matchday, Persija Minta Laga Tunda Kontra Persita Dijadwal Ulang
Muhammad Ferarri dipanggil untuk TC Timnas Senior dan Timnas U-20. (Media Persija)

BolaSkor.com - Manajemen Persija Jakarta meminta laga tunda pekan ke-23 Liga 1 2022/2023 kontra Persita Tangerang kembali dijadwal ulang. Penyebabnya, laga tersebut berlangsung tepat saat pertemuan kedua Timnas Indonesia kontra Burundi.

Timnas Indonesia dipastikan ambil bagian dalam FIFA Matchday periode bulan Maret yang berlangsung dari tanggal 20 sampai 28. Tim Merah-Putih bakal menghadapi Burundi dua kali pada 25 dan 28 Maret di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Pada tanggal 28 itu, Persija juga bakal bertanding dengan Persita. Jika tetap berlangsung sesuai jadwal, maka Macan Kemayoran bakal tampil tanpa 12 pemain utamanya.

Enam dari 12 pemain itu absen karena masuk skuat Timnas Indonesia melawan Burundi. Mereka adalah Muhammad Ferarri, Hansamu Yama, Doni Tri Pamungkas, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, dan Riko Simanjuntak.

Kemudian enam pemain lainnya, yakni Cahya Supriadi, Frengky Missa, Resa Aditya Nugraha, Achmad Maulana, Alfriyanto Nico Saputro, dan Ginanjar Wahyu Ramadhani, harus mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Jakarta mulai 20 Maret. Adapun Ferarri dan Doni bakal menyusul keenam rekannya itu selepas dari Timnas Senior.

"Menurut kami best way dan yang paling bijak adalah bagaimana pemegang kebijakan bisa melakukan reschedule terhadap pertandingan yang dimainkan di window FIFA Matchday. Karena normalnya ketika window FIFA tak ada pertandingan. Itu adalah solusi jangka pendek yang clear, jelas, dan possible untuk dilakukan," kata Wakil Presiden Persija, Ganesha Putra.

Baca Juga:

Thomas Doll Heran Performa Pemain Persija Menurun Sepulang dari Timnas Indonesia U-20

Thomas Doll Bungkam soal 6 Pemain Persija Dipanggil ke Timnas Indonesia

Ganesha kemudian menyinggung soal rencana TC jangka panjang Timnas Indonesia U-20. Skuat Garuda Nusantara akan berlatih di Jakarta pada 20 Maret sampai 1 April, kemudian dilanjutkan di Korea Selatan mulai 2-20 April.

Menurut Ganesha, lebih baik pemain-pemain Timnas Indonesia U-20 yang rutin bermain di Liga 1 musim ini tetap bersama Persija untuk mendapatkan jam terbang. Sedangkan yang jarang diturunkan dipersilakan untuk mengikuti TC.

Kebijakan ini juga diminta Persija untuk TC Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2023 yang akan digelar mulai 29 Maret. Berdasarkan komunikasi dengan PSSI, ada tiga pilar Macan Kemayoran yang bakal dipanggil.

"Mohon diberikan kebijaksanaan untuk pemain-pemain yang memiliki menit bermain reguler di Liga 1 diizinkan bermain ketimbang mereka hanya berlatih di Timnas. Kami sangat mendukung program Timnas. Menurut kami yang terbaik adalah dengan cara meng-improve kualitas pemain di kompetisi," ujar Ganesha.

Baca Juga:

Persiapan Hadapi Burundi, Pemain Timnas Indonesia Diminta Berkumpul 20 Maret

Termasuk Tiga Pemain Keturunan, 29 Pemain Dipanggil untuk TC Timnas Indonesia U-20

Ganesha mengklaim bahwa solusi itu juga berdasarkan catatan dari pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong kepada Persija. Ganesha mengatakan dalam laporan yang diberikan Shin Tae-yong pasca gelaran Piala Asia U-20 2023, ada permintaan kepada Persija untuk memberikan jam terbang kepada para pemain Timnas Indonesia U-20.

"Jadi saya pikir solusi jangka pendeknya untuk U-20 dan U-23 adalah pemain yang memang tak punya menit bermain akan kami berikan untuk berlatih di timnas. Tapi untuk yang punya menit bermain biarkan mereka bermain di Liga 1. Pemain yang dapat menit bermain biarkan bermain. Teknisnya bisa didiskusikan. Mungkin kalau TC di Jakarta bisa on and off. Sangat clear kami harus ada kata saling bantu,” tuturnya.

Persija jakarta Persita Tangerang Ganesha Putra Timnas Indonesia Timnas indonesia u-20 Tc timnas Fifa match day Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.241

Bagikan