Diimbangi Denmark, Lini Pertahanan Jerman Jadi Sorotan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 03 Juni 2021
Diimbangi Denmark, Lini Pertahanan Jerman Jadi Sorotan
Matt Hummels dan Thomas Muller melakoni comeback bersama Timnas Jerman. (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Jerman tampil kurang meyakinkan saat melakoni laga pemanasan Piala Eropa 2020 kontra Denmark. Lini pertahanan Der Panzer menjadi titik lemah.

Dalam laga yang berlangsung di Tivoli Neu, Austria, Kamis (3/6) dini hari WIB, kedua tim bermain imbang 1-1. Namun Jerman belum memainkan para pemain yang berasal dari Chelsea dan Manchester City.

Thomas Muller dan Matt Hummels melakoni debut comeback-nya sebagai starter. Namun kehadiran dua veteran tersebut belum memberi perbedaan signifikan.

Baca Juga:

Kariernya Sempat Dinilai Berakhir, Muller Tak Dendam dengan Low

Profil Timnas Jerman di Piala Eropa 2020: Persembahan Terakhir Joachim Low

Hansi Flick Resmi Latih Timnas Jerman Usai Piala Eropa 2020

Proses gol Denmark ke gawang Jerman.

Tampil dengan formasi 3-4-3, Jerman unggul lebih dulu melalui sontekan Florian Neuhaus pada menit ke-48. Namun keunggulan itu gagal dipertahankan pasukan Joachim Low hingga akhir pertandingan.

Denmark mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Yussuf Poulsen dengan tenang menaklukkan Manuel Neuer dari jarak dekat.

Gol Denmark tersebut memperlihatkan adanya lubang di pertahanan Jerman. Poulsen bisa langsung berhadapan dengan Neuer meski ada Hummels dan Niklas Sule sebagai duet palang pintu.

Namun Low tidak menganggap hal itu sebagai masalah besar. Baginya, permainan Jerman secara keseluruhan sudah cukup baik.

“Kami bertahan dengan baik untuk waktu yang lama, itu lebih baik. Namun kami kehilangan kedisiplinan di pertengahan babak kedua," kata Low pada jumpa pers usai pertandingan.

“Kami sudah kehilangan beberapa bola sebelumnya, kemudian lawan kami memiliki ruang dan peluang. Sule bisa saja menutup celah lebih cepat dengan menutup bagian tengah."

Lini Depan Tumpul

Masalah Jerman sebenarnya tidak hanya terletak di pertahanan. Serangan mereka juga kurang bertaji.

Lini depan Jerman memang menciptakan banyak peluang emas pada laga kontra Denmark. Namun penyelesaian akhir Muller dan kawan-kawan masih sangat buruk.

Terkait hal ini, Low masih bisa memaklumi. Ia menilai para pemainnya masih butuh adaptasi lagi karena baru berkumpul kembali.

“Kami menciptakan peluang bagus dan dua kali membentur tiang, tetapi itu membuat hidup kami sulit tanpa gol kedua. Kami belum bermain dengan line up ini sebelumnya jadi jelas bahwa itu tidak berjalan dengan sempurna," tambahnya.

“Konsistensi selama 90 menit, itulah masalahnya tapi bukan kemunduran. Pada hari Jumat, skuat kami akan lengkap sehingga dapat mempersiapkan dengan baik serta memutar sekrup yang tepat untuk pertandingan kontra Prancis."

Low memang harus segera membenahi berbagai kekurangan Timnas Jerman. Ia tentu tidak mau mengakhiri kiprahnya dengan tersingkir di fase grup seperti pada Piala Dunia 2018.

Timnas Jerman Joachim Low Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan