Diimbangi Italia, Manajer Inggris Kritik Penggunaan VAR

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 28 Maret 2018
 Diimbangi Italia, Manajer Inggris Kritik Penggunaan VAR
Gareth Southgate (Zimbio)

BolaSkor.com - Manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate, mengkritik keputusan penalti yang diambil wasit Deniz Aytekin setelah melihat VAR ketika The Three Lions bermain 1-1 dengan Italia, pada laga persahabatan, di Wembley, London, Rabu (28/3).

Inggris unggul terlebih dulu lewat aksi Jamie Vardy pada menit ke-26. Pemain Leicester City tersebut memanfaatkan umpan yang diberikan Jesse Lingard. Inggris memimpin satu gol.

Ketika laga diprediksi akan berakhir dengan kemenangan Inggris, keputusan kontroversial dibuat oleh wasit yang memimpin laga, Deniz Aytekin. Wasit asal Jerman tersebut menunjuk titik putih setelah melihat adegan terjatuhnya Federico Chiesa di kotak terlarang melalui VAR. Lorenzo Insigne yang ditunjuk sebagai algojo melakukan tugasnya dengan baik. Pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Tak pelak kejadian tersebut mengundang pro dan kontra dari beberapa pihak. Termasuk dari Sothgate yang tak yakin James Tarkowski menginjak Chiesa di kotak penalti.

"Saya senang itu tidak terjadi di Piala Dunia. Saya pikir akan sulit untuk menilai keputusan VAR tepat atau tidak. Itu adalah sasuatu yang bisa diperdebatkan sepanjang hari," kata Southgate kepada ITV.

"Sepertinya, James Tarkowski berdiri di atas Chiesa. Namun, pada akhir kejadian tersebut ia juga terjatuh," papar sang manajer.

Meski begitu, Southgate tak ingin berpolemik dengan insiden tersebut. Sang manajer mencoba legawa dan tetap menerima keputusan yang diambil dengan menggunakan VAR.

"Saya pikir wasit memiliki pandangan yang bagus. Saya tidak berpikir insiden seperti itu akan selalu diselesaikan dengan VAR. Mungkin, handball yang jelas dan kejadian seperti itu. Namun, kami harus tetap bermain," papar Soutgate.

Sementara itu, VAR akan digunakan di Piala Dunia 2018 Rusia. Keputusan itu diambil setelah seluruh elemen di FIFA menyetujuinya. VAR diharapkan mampu mengurangi kesalahan yang dilakukan wasit selama pergelaran ajang empat tahunan tersebut.

Gareth southgate Timnas Inggris Timnas Italia
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.521

Bagikan