BolaSkor.com - Timnas Inggris gagal mengakhiri kiprahnya di ajang UEFA Nations League 2022-2023 dengan kemenangan. Meski begitu, rasa puas tetap ditunjukkan sang pelatih, Gareth Southgate.

Inggris hanya mampu bermain imbang 3-3 saat menjamu Jerman pada matchday terakhir grup 3 League A di Stadion Wembley, Selasa (27/9) dini hari WIB. The Three Lions bahkan sempat tertinggal dua gol lebih dulu.

Kedua tim tak mampu menciptakan gol sepanjang babak pertama. Usai turun minum, Jerman tancap gas dengan mencetak dua gol melalui penalti Ilkay Gundogan dan sepakan melengkung Kai Havertz.

Baca Juga:

Hasil UEFA Nations League: Inggris Diimbangi Jerman, Italia Lolos ke Semifinal

Inggris 3-3 Jerman: Harry Maguire Berulah Lagi

Lucu jika Inggris Berani Pecat Gareth Southgate

Tertinggal dua gol membuat Inggris berada di bawah tekanan. Namun Harry Kane dan kawan-kawan menunjukkan mentalitas juaranya.

Inggris secara ajaib mampu membalikkan kedudukan usai mencetak tiga gol lewat aksi Luke Shaw, Mason Mount, dan penalti Kane. Ketiga gol tersebut dicetak dalam tempo 12 menit saja.

Sayang, Inggris gagal mempertahankan keunggulannya hingga laga usai. Havertz mencetak gol keduanya tiga menit sebelum waktu normal berakhir untuk mengunci skor 3-3.

Hasil ini membuat Inggris gagal meraih satu kemenangan pun pada gelaran UEFA Nations League 2022-2023. Fakta tersebut tentu bukan modal yang baik untuk datang ke Piala Dunia 2022.

Namun Southgate tak ambil pusing dengan statistik tersebut. Ia melihat adanya perubahan mentalitas dari tim asuhannya ke arah yang lebih baik.

"Sebagai sebuah grup, kami benar-benar bersatu minggu ini yang merupakan periode sulit. Para pemain telah berkembang dan belajar banyak," kata Southgate usai laga.

"Kami akan pergi ke Piala Dunia di mana dalam beberapa titik, Anda akan menghadapi tekanan. Namun kami harus melangkah maju dan sebagai sebuah kelompok harus saling bersatu."

Southgate tak menampik Inggris asuhannya masih memiliki banyak kekurangan. Kebobolan tiga gol di kandang sendiri menunjukkan rapuhnya lini pertahanan.

Meski begitu, Southgate tak kehilangan rasa percaya dirinya. Ia Yakin mampu membenahi kekurangan tersebut saat berlaga di Qatar nanti.

"Saya fokus pada fakta bahwa mereka bermain dengan semangat yang luar biasa. Mereka telah menunjukkan keyakinan yang belum pernah kami lihat dalam beberapa pertandingan terakhir," tambahnya.

"Mereka benar-benar meningkat minggu ini dengan adanya komunikasi yang lebih baik dan sikap kepemimpinan yang luar biasa. Tim harus benar-benar kuat dalam diri mereka sendiri."