BolaSkor.com - Sergio Farias menjadi nama baru yang dikait-kaitkan dengan Persija Jakarta. Namanya mencuat setelah Persija lebih dulu dirumorkan akan mendatangkan, Jacksen F. Tiago, Nelson Baptista, Zico, Carlos Dunga, Ange Postecoglou, hingga Ailton Silva.

Sergio Farias merupakan pelatih asal Brasil. Ia dilaporkan sudah menjadi pelatih sejak 1993, di mana Sao Mateus-ES menjadi klub yang ditangani.

Ia juga pernah menangani tim usia muda, termasuk Brasil U-17 dan U-20. Adapun di level klub, Santos FC U-20 pernah mendapatkan servisnya.

Sejumlah gelar pernah diperolehnya, seperti di kejuaraan Amerika Selatan U-17 pada 2000, Serie C 2004 bersama Uniao Barbarense.

Namanya berkibar di Asia setelah memperoleh sejumlah gelar bersama Pohang Steelers. Ia merasakan gelar K-League 2007, sekaligus memeroleh predikat Manajer of The Year. Gelar FA Korea juga disabet pada 2008, sebelum mendapatkan gelar Piala K-League 2009.

Baca Juga:

Todd Rivaldo Ferre Akui Sedang Jalin Komunikasi dengan Persija Jakarta

Sergio Farias, Calon Terkuat Pelatih Persija Jakarta?

Ia turut membawa Pohang Steelers menjuarai Liga Champions Asia pada 2009. Sedangkan di kejuaraan Piala Dunia Klub 2009, ia membawa Pohang peringkat ketiga.

Setelah menangani Pohang Steelers, Sergio Farias menjadi pelatih Al Ahli, Al Wasl FC, Guangzhou R&F, Duque de Caxias, Suphanburi, Northeast United, Al Hilal, dan terakhir Gaish SC.

Kariernya belakangan seakan redup. Pemecatan menjadi akrab dengannya setidaknya di dua klub terakhir yang diperkuat.

Pada November 2019, ia diketahui mengalami pemecatan. Seperti dilaporkan Kingfut, Dewan Klub Tala'ea Gaish memecatnya menyusul awal yang buruk di kompetisi.

Dalam tiga laga yang dipimpin sejak menandatangani kontrak pada Juli 2019, Sergio Farias tak mampu menghadirkan kemenangan. Satu laga berakhir dengan kekalahan, sementara dua lain berujung seri sehingga Gaish berada di peringkat kedua dari bawah Liga Premier Mesir.

Dewan Klub pun menunjuk mantan pelatih Misr El-Makkasa, yang sebelumnya menangani Zamalek, Tarek Yehia untuk menggantikan Sergio Farias.

Pemecatan dilaporkan juga dialaminya di klub Sudan, Al Hilal, seperti dilaporkan Youm7. "Farias memimpin tim Al Hilal Sudan dari 8 November 2017 hingga pemecatannya dari posisi akhir Maret 2018," tulis Youm7 pada 11 Juli 2019.