BolaSkor.com - Pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago, mengakui kekalahan timnya atas PSIS Semarang 1-2, pada lanjutan Grup A Piala Presiden 2022. Dalam laga di Stadion Manahan Solo, Selasa (21/6), Jacksen menyoroti aspek emosional dan inkonsistensi timnya.

Laskar Sambernyawa tak bisa berbuat banyak dalam Derbi Jawa Tengah. PSIS yang mengandalkan kombinasi skuat lama dan baru lebih mengambil peran.

Sebaliknya, Persis Solo banyak melakukan kesalahan. Lini tengah tak bisa berbuat banyak untuk mendistribusikan bola. Alhasil, kerap kali Fabiano Beltrame dan para pemain belakang langsung melemparkan bola ke depan.

Persis Solo hanya bisa mencetak satu gol lewat Febiano Beltrame. Sementara PSIS mencetak dua gol lewat Carlos Fortes dan Alfeandra Dewangga. Persis Solo pun sementara ini jadi juru kunci Grup A dengan satu poin.

Jacksen Tiago mengatakan timnya bermain jauh dibawah performa. Pelatih asal Brasil ini meminta maaf kepada suporter yang telah memberi dukungan penuh.

Baca Juga:

Hasil Piala Presiden 2022: Persib Kalahkan Bhayangkara FC

Pelatih PSIS Semringah Menangi Derbi Jateng

"Mohon maaf kepada semua suporter yang telah memberi dukungan. Kami tidak mampu memberikan hasil maksimal yang kami semua inginkan," kata Jacksen usai pertandingan.

"Kami punya penampilan yang tidak seperti biasanya, terutama dalam aspek emosional. Kelihatan wow-nya pertandingan, pemain agak nervous untuk jalankan pertandingan, sehingga terlalu mudah kehilangan bola, terutama di sektor tengah," lanjut Jacksen.

Setelah Dewangga membuat PSIS unggul, permainan Persis Solo naik. Terutama ketika gelandang 18 tahun, Zanadin Fariz, masuk menit ke-30 menggantikan Hamsa Lestaluhu.

Persis Solo bermain dengan skema menyerupai 3-6-1. Kemudian, terciptalah gol Fabiano lewat sundulan, memanfaatkan lemparan ke dalam Aaron Evans. Namun, pada babak kedua justru performa menurun lagi.

"Setelah ada perubahan, kami mampu mengimbangi permainan lawan, tapi kami tidak mampu menjaga konsistensi. Jadi, boleh dikatakan performa kita jauh dibanding apa yang kita bisa lakukan," tutur Jacksen.

Ditambahkan Zanadin, kekalahan ini menjadi pelajaran buat skuat Laskar Sambernyawa, dalam menyongsong partai sisa Piala Presiden serta Liga 1 nanti.

"Soal, performa tim, menurut saya masih kurang maksimal. Dari permainan ini coach akan memperbaiki kekurangan untuk kedepannya," ucap Zanadin.

Setelah ini, Persis Solo akan menghadapi Dewa United, Jumat (24/6) sore. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)