Dilema Tim Samba, Gabriel Jesus atau Firmino?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 21 Juni 2018
Dilema Tim Samba, Gabriel Jesus atau Firmino?
Gabriel Jesus dan Roberto Firmino (Zimbio)

BolaSkor.com - Jelang Piala Dunia 2018, muncul perdebatan soal seleksi pemain Brasil. Kini ketika sudah berada di Piala Dunia, perdebatan semakin runcing. Khususnya untuk menentukan siapa yang menempati menjadi striker tunggal di laga kontra Kosta Rika. Gabriel Jesus atau Roberto Firmino?

Sejak Tite menjadi pelatih Brasil pada Juni 2016, Gabriel Jesus seakan menjadi anak emasnya. Tak heran jika Tite memilih Jesus yang tampil sebagai starter pada laga pertama melawan Swiss. Namun, pemain berusia 21 tahun itu gagal menampilkan permainan terbaiknya.

Di babak kedua, Tite pun menarik Jesus dan memasukkan Firmino. Pemain Liverpool itu seketika mengubah permainan Brasil menjadi lebih hidup, bahkan nyaris membuat gol di menit terakhir lewat tandukannya.

Sepanjang musim lalu, Jesus memang bukan menjadi pilihan utama di Manchester City, berbeda dengan Firmino. Penyerang berusia 26 tahun ini menjalani musim terbaiknya bersama Liverpool dan menjadi salah satu sosok kunci tampilnya The Reds di final Liga Champions. Total, 27 gol dibuat Firmino di berbagai kompetisi bersama Liverpool.

Di saat Brasil membutuhkan kemenangan, penyerang yang mau bekerja keras seperti Firmino tampaknya menjadi opsi yang lebih baik bagi Selecao.

Memang, kedua pemain memiliki perbedaan yang amat mencolok. Jesus adalah penyerang yang memiliki kecepatan lebih daripada Firmino. Sementara Firmino bermain lebih dalam dan bisa menjadi jembatan saat membangun serangan.

Menghadapi lawan yang mengunggu dan banyak menumpuk pemain di area pertahanan macam Swiss, Jesus tak memiliki ruang untuk berakselerasi. Kondisi ini sepertinya akan kembali terjadi saat menghadapi Kosta Rika.

Pada laga kontra Kosta Rika di St Petersburg, Jumat (22/6), Brasil wajib menang untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Piala Dunia 2018 Breaking News Brasil
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan