Dilema Wacana Libur Musim Dingin Premier League

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 28 Februari 2018
Dilema Wacana Libur Musim Dingin Premier League
David Silva mengalami cedera. (Zimbio)

BolaSkor.com - "Jika Anda menanyakan kepada saya secara teknis dan fisik itu sangat baik. Namun, untuk para pemain ketatnya jadwal merupakan bencana," Pep Guardiola.

Demikianlah kutipan pernyataan Manajer Manchester City Pep Guardiola, ketika ditanya awak media mengenai ketatnya jadwal sepak bola Inggris.

Padatnya jadwal liga inggris memang kerap menjadi bencana bagi tim-tim di Inggris. Bagaimana tidak, klub Premier League diharuskan untuk menjalani laga berat pada saat penghujung tahun atau yang lebih dikenal dengan boxing day.

Dari julukannya saja, jelas tergambar betapa kerasnya pertandingan yang berlangsung. Apalagi, biasanya suhu ketika itu bisa menembus angka di bawah 0 derajat celcius.

Parahnya lagi, Premier League tidak mengenal kata libur. Roda kompetisi terus berputar meski terdapat klub yang bahkan harus bertanding empat pertandingan dalam kurun waktu tujuh hari.

Setidaknya, klub-klub Premier League melakoni tiga kompetisi setiap tahunnya. Jumlah tersebut belum termasuk dengan kompetisi pada level Eropa.

Contoh nyata dialami Manchester United pada musim ini. Romelu Lukaku dan kawan-kawan menjalani partai kontra Leicester (23/12), Burnley (26/12), Southampton (30/12) dan Everton (1/1). Setelah itu, The Red Devils tetap dihadapkan dengan jadwal padat setiap pekannya.

Jika menilik kompetisi dari negara Lain, Premier League memang terkesan "kejam". Sebagai contoh, Liga Skotlandia memiliki 19 hari libur, Ligue 1 Prancis 24 hari, La Liga 18 hari serta Serie A 16 Hari.

Akan tetapi, klub-klub Premier League dapat sedikit bernapas lega. Sebab, Asosiasi Sepak Bola Liga Inggris (FA) disebut-sebut sedang mempertimbangkan untuk memberikan
jatah libur.

Nantinya, klub-klub Premier League mendapatkan jatah istirahat paling sedikit dua pekan pada awal Februari. Rencananya, peraturan tersebut akan berlaku musim depan.

Bak pedang bermata dua, perubahan jadwal tersebut juga menimbulkan pro dan kontra. Jika terealisasi, putaran kelima Piala Liga Inggris harus dipindahkan ke tengah pekan untuk mengakomodasi rencana tersebut bagi tim Premier League.

Jika dikupas lebih dalam lagi, kebijakan tersebut diyakini akan berdampak positif bagi tim nasional Inggris. Para pemain diharapkan akan mampu menunjukkan penampilan terbaik setelah diberikan waktu istirahat yang cukup. Dengan begitu, tim nasional Inggris diharapkan mampu optimal pada Piala Eropa 2020.

Pandangan senada dengan Guardiola datang dari manajer Manchester United, Jose Mourinho. The Special One mendesak FA untuk memberikan tim-tim premier league waktu menghela napas.

"Seharusnya tidak ada pertandingan di hari Natal. Meski begitu, terdapat aspek komersial. Tidak masalah jika harus bermain pada masa Natal tetapi beri kami waktu beristirahat," ujar eks pelatih Inter Milan tersebut.

Namun, pemikiran berbeda terlontar dari manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate. Southgate mengutarakan dirinya tidak yakin hal tersebut akan membuat perubahan
besar.

Analisisnya, Everton, Newcastle, Crystal Palace, West Ham dan Watford yang masing-masing mendapat istirahat minimal 13 hari pada Februari 2018 tidak dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan baik. Para pemain masih harus mempersiapkan diri untuk pertandingan sehingga tidak sepenuhnya dapat memanfaatkan libur dengan baik.

Masalah lain, klub-klub biasanya akan memanfaatkan jeda libur yang cukup panjang untuk meraup pundi-pundi keuntungan dengan menghelat laga persahabatan. Biasanya, sponsor berperan penting untuk mengatur jadwal pertandingan tersebut.

Pada akhirnya, pemain tetap melakoni pertandingan dan tidak menikmati waktu libur dengan optimal. Waktu yang seharusnya dihabiskan untuk menyegarkan pikiran bersama orang terdekat justru dihabiskan untuk memenuhi permintaan sponsor.

Jadi, apakah libur musim dingin akan berdampak positif seperti yang diharapkan? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Manchester City Pep Guardiola Breaking News Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.487

Bagikan