Dimediasi oleh PSSI, Alex Goncalves dan TIRA-Persikabo Sepakat Berdamai

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 24 Desember 2021
Dimediasi oleh PSSI, Alex Goncalves dan TIRA-Persikabo Sepakat Berdamai
Mediasi antara TIRA-Persikabo dan Alex dos Santo Goncalves yang dibantu PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI mengapresiasi langkah TIRA-Persikabo dan mantan pemainnya, Alex dos Santos Goncalves, yang memilih jalan musyawarah dan mufakat sebagai solus penyelesaian kasus yang melibatkan kedua pihak tersebut. Sebelumnya, Alex dilaporkan ke polisi oleh TIRA-Persikabo dengan dugaan pencemaran nama baik.

Permasalahan ini bermula dari pemotongan gaji sebesar 75 persen yang dilakukan oleh TIRA-Persikabo saat kompetisi Liga 1 2020 ditangguhkan akibat pandemi COVID-19. Alex mengklaim bahwa dirinya tidak mengetahui dan tidak setuju dengan aturan tersebut.

Setelah berlarut-larut, kasus ini akhirnya selesai. Dengan bantuan PSSI, Alex dan TIRA-Persikabo sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dengan tidak melanjutkan proses hukum.

"Manajemen Persikabo telah berupaya dengan baik untuk mencarikan solusi yang tidak merugikan semua pihak. Kami percaya bahwa Persikabo sebagai anggota PSSI telah dikelola secara professional,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunu Nusi.

Baca Juga:

Cerita Perjuangan Egy Maulana Vikri Datang ke Singapura

LIB Umumkan Venue Semifinal dan Final Liga 2 2021, Digelar Tanpa Penonton

Kesepakatan perjanjian damai antara TIRA-Persikabo dan Alex ditandatangani pada hari Jumat (24/12) yang dimediasi pengurus PSSI Pusat, di Kantor PSSI, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut pihak TIRA-Persikabo diwakili oleh presiden klub, Bimo Wirjasoekarta dan Sekretaris Klub, Rini Sudiro, bersama kuasa hukumnya.

Sementara itu, Alex ditemani kuasa hukumnya Ponco Nugroho dan kuasa hukum Kedutaan Brasil Daniel Ferreira. Adapun dari pihak PSSI diwakili Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita, Head Of Legal PSSI Lexyndo Hakim, Rizki Fatmala dan Niko Panjaitan dari kesekretariatan PSSI.

"Tentu ini solusi yang baik. Karena sejak awal, Manajemen Persikabo selalu mengedepankan penyelesaian terbaik dengan cara musyarawah dan mufakat. Sebagai klub professional di Tanah Air, tentu kami juga selalu mematuhi semua aturan yang berlaku,” kata Bimo.

Dalam perjanjian damai ini, pihak Alex Dos Santos menyampaikan permohonan maaf atas postingan di media sosial (medsos) yang diakui tidak sesuai fakta. Bentuk konkret permohonan maaf ini akan diposting di akun pribadi Alex yakni @pafamily1990.

Pihak Alex juga akan meminta FIFA untuk membatalkan putusan DRC FIFA yang telah jatuh kepada TIRA-Persikabo dan berjanji tidak akan mengajukan tuntutan apapun kepada tim berjuluk Laskar Padjajaran tersebut di kemudian hari. Selain itu, surat laporan kepada Komite Etik FIFA yang diajukan pihak Alex bakal dicabut.

Dari pihak TIRA-Persikabo, mereka akan mencabut laporan ke kepolisian terkait pencemaran nama baik yang dilakukan Alex melalui medsos. Manajemen TIRA-Persikabo juga akan menyerahkan surat izin untuk meninggalkan wilayah Indonesia (Exit Permit only-EPO) atas nama Alex.

Pssi Tira Persikabo Alex dos Santos Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan