Dinkes Malang Konfirmasi Jumlah Korban Tragedi Kanjuruhan 754 Orang

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 14 Oktober 2022
Dinkes Malang Konfirmasi Jumlah Korban Tragedi Kanjuruhan 754 Orang
Sepatu Korban Tragedi Kanjuruhan di Gate 13. (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

BolaSkor.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang menyampaikan konfirmasi terhadap informasi jumlah korban terkini yang terimbas dari Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10) lalu. Secara total, jumlah korban mencapai 754 orang dari data yang dikumpulkan pada Kamis (13/10) pukul 16:35 WIB.

"Kami menyampaikan data valid dari korban meninggal dunia, yaitu sebanyak 132 orang. Sementara untuk luka ringan sedang jumlahnya 596 orang, dan 26 lainnya luka berat. Jumlah total 754 orang," tutur Kepala Dinkes Kabupaten Malang, drg Wiyanto Wijoyo.

Pihaknya pun memastikan, bahwa Helen Prisella menjadi korban terakhir meninggal dunia. Seperti diketahui, Helen akhirnya menyerah setelah menjalani masa-masa kritis selama 10 hari di Rumah Sakit Syaiful Anwar Kota Malang, Selasa (11/10) kemarin.

Baca Juga:

Kesimpulan dan Rekomendasi Lengkap TGIPF Tragedi Kanjuruhan

Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan Menjadi 132 Orang

"Data-data yang dikumpulkan ini mengalami banyak validasi. Beberapa kali mencocokkan data dan diperoleh 131 korban meninggal dunia. Terakhir seorang wanita umur 20 tahun di (Kecamatan) Dampit (Kabupaten Malang)," bebernya.

Proses validasi yang memang ketat, menjadi sebab mengapa pihaknya memerlukan waktu cukup lama untuk mempebarui data korban. Lantaran Dinkes mesti melakukan pengecekan secara cermat terhadap sejumlah informasi dari fasilitas kesehatan yang menangani korban.

"Data itu sangat valid dengan adanya bantuan dari Dokkes (Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian) Polda (Jawa Timur). Semua data yang meninggal dunia itu diharuskan untuk dibuatkan berita acara dari rumah sakit maupun surat keterangan kalau non faskes (fasilitas kesehatan)," tandas Wiyanto Wijoyo. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan