Diogo Jota, Ubah Keraguan dengan Pencapaian Final Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 27 Mei 2022
Diogo Jota, Ubah Keraguan dengan Pencapaian Final Liga Champions
Diogo Jota (Twitter)

BolaSkor.com - Final Liga Champions adalah impian bagi pemain-pemain profesional di Eropa, sebab itu adalah panggung puncak tempat dua tim terbaik di Benua Biru bertarung untuk jadi nomor satu.

Pada final Liga Champions 2021-2022 dua finalisnya adalah Liverpool dan Real Madrid. Kedua tim akan saling bertarung di Stade de Frances, Prancis, Minggu (29/05) pukul 02.00 dini hari WIB. Itu bak laga ulangan saat Liverpool kalah 1-3 dari Madrid pada 2018.

Beberapa muka baru akan mewarnai final nanti salah satunya adalah Diogo Jota. Liverpool merekrutnya dari Wolverhampton Wanderers pada 2020 dengan banderol yang diprediksi mencapai 41 juta poundsterling.

Dua tahun di Liverpool Jota sudah memenangi satu titel Piala Liga dan Piala FA, ia juga berkembang di bawah arahan Jurgen Klopp menjadi penyerang yang tajam. Sejauh ini Jota sudah mencetak 21 gol dan memberikan delapan assists dari 54 laga di seluruh kompetisi.

Baca Juga:

Tanda Tanya Kondisi Thiago Alcantara Jelang Final Liga Champions

Road to Final Liga Champions: Liverpool Baru Sekali Tumbang

Mengenal Neuro 11, Teknologi Mutakhir yang Digunakan Liverpool Jelang Final Liga Champions

Sejak awal musim lalu juga hanya ada tiga penyerang yang lebih banyak mencetak gol di Premier League ketimbang Jota, yakni Ollie Watkins (Aston Villa), Jamie Vardy (Leicester City), dan Harry Kane (Tottenham Hotspur).

Kehadiran Jota menambah variasi di lini depan Liverpool. Jota bukan sekedar penyerang biasa. Dengan tubuhnya yang tidak tinggi, Jota seringkali menyelinap di pertahanan musuh dan memiliki timing yang bagus untuk mencetak gol, membaca peluang yang diciptakan rekan setimnya.

Ubah Keraguan Mantan Pelatih

Dari pemain yang ditonton ribuan penonton di kampung halamannya di Portugal, Jota akan bermain di panggung tertinggi Eropa dan disaksikan jutaan fans di dunia.

Tidak ada yang menduga pemain berusia 25 tahun mencapai tahapan tersebut, tidak terkecuali mantan pelatihnya di usia muda dan juga tim utama Pacos, Vasco Seabra.

Vasco Seabra

“Saya akan berbohong jika saya pikir dia akan berhasil ke Liverpool dan menjadi bagian dari final Liga Champions,” kata Seabra secara eksklusif kepada Mirror Sport.

“Saya pikir Jota akan menjadi pemain divisi pertama, dan berpikir dia memiliki semua atribut untuk mencapai klub terbesar tetapi tidak berpikir dia akan bermain di level tertinggi saat ini.”

“Dia adalah starter reguler untuk Liverpool dan memiliki potensi penuh untuk bisa bermain di liga yang luar biasa yaitu Premier League dan final Liga Champions – panggung terbesar di sepak bola Eropa."

“Juga menjadi pemain kunci untuk tim nasional Portugal, dia mencapai level stratosfer dan dia tentu saja melampaui semua harapan.”

Jota gabung tim muda Pacos (2013) setelah datang dari akademi tim sepak bola kecil di Portugal, Gondomar. Jalurnya di Eropa dibuka pada 2016 dengan Atletico Madrid sebelum direkrut Wolves pada 2017.

“Dia adalah seseorang yang hidup dalam gelembung kecilnya sendiri tetapi merupakan orang yang luar biasa, sangat rendah hati,” lanjut Seabra.

"Jota sangat, sangat kompetitif, baginya, setiap latihan dalam pelatihan adalah untuk menang, dia tidak menerima tidak memberikan semua yang dia lakukan, saya pikir itu menunjukkan banyak kedewasaan, dia cukup muda ketika bergabung dengan Pacos di (usia) 16 (tahun) tetapi sangat dewasa untuk usianya dan tahu persis apa yang dia inginkan, dia bekerja keras untuk mencapai hal-hal itu."

Vasco Seabra (38 tahun) tidak lagi melatih Pacos. Saat ini ia melatih klub Portugal lainnya, Maritimo, yang sudah dilatih dari 2021. Seabra juga yang berandil dalam perkembangan karier Jota kala memainkannya sebagai penyerang sayap, penyerang kedua, setelah sebelumnya ia jadi pengatur serangan atau gelandang serang.

Diogo Jota Liverpool Liga Champions Real Madrid Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan