BolaSkor.com - Dianggap gagal setelah membuat Everton terpuruk ke zona relegasi di pekan kesembilan Premier League, Ronald Koeman pun akhirnya dipecat, Senin (23/10/17) lalu. Di tangan Koeman, Everton hanya meraih lima kemenangan di semua ajang, hanya dua di Premier League.

Koeman disebut gagal mengangkat performa Everton meski sudah menggelontorkan banyak uang untuk belanja pemain. Terkait dengan di bursa transfer, kegagalan mendatangkan penyerang baru menggantikan Romelu Lukaku yang dilepas ke Manchester United juga dinilai sebagai biang kemerosotan Everton.

Everton hanya bisa mennggaet penyerang gaek Wayne Rooney dan Sandro Gomez yang hingga kini masih kesulitan beradaptasi. Belakangan Koeman mengungkap kegagalan ini sebagai alasan dirinya dipecat. Dia bahkan secara khusus menyalahkan ujung tombak Olivier Giroud sebagai penyebab pemecatan dirinya.

Koeman mengungkap, sebenarnya dia nyaris bisa menggaet Giroud. Namun, penyerang Prancis itu berubah pikiran di detik-detik akhir. Perubahan pikiran Giroud inilah yang dipercayai Koeman sebagai biang kegagalan dirinya.

"Saya sudah mendatangkan Giroud. Dia akan sangat cocok. Tapi di momen terakhir dia memutuskan lebih memilih hidup di London dan bertahan dengan Arsenal," ujar Koeman kepada Voetbal International dikutip Squawka.