Dipermalukan Kroasia, Argentina dan Messi Diserang Habis-habisan oleh Media Lokal

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 22 Juni 2018
Dipermalukan Kroasia, Argentina dan Messi Diserang Habis-habisan oleh Media Lokal
Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Laga kedua Grup D Piala Dunia 2018 menghadirkan malapetaka untuk timnas Argentina. Albiceleste gagal meraih poin penuh, setelah ditahan imbang 1-1 oleh Islandia sebelumnya, dengan kekalahan telak 0-3 dari Kroasia melalui gol yang dicetak Ante Rebic, Luka Modric, dan Ivan Rakitic.

Kroasia sudah pasti lolos penyisihan grup, sementara Argentina semakin terancam angkat koper dini. Kekalahan itu pun memang pantas dirasakan Argentina yang bermain tanpa identitas, determinasi, dan cenderung individu mengandalkan kemampuan pemain melawan kolektivitas para petarung dari Balkan.

Argentina memiliki penguasaan bola 58 berbanding 42 persen Kroasia, tapi, justru Kroasia yang lebih efisien memanfaatkan peluang mereka dengan motor serangan, Luka Modric-Ivan Rakitic. Permainan Argentina dikritik, begitu juga taktik Sampaoli. Pun demikian kritikan deras diarahkan kepada megabintang Barcelona, Lionel Messi.

La Pulga tidak sanggup memberikan kontribusinya, seperti saat dia membela Barcelona, dengan hanya sekali melakukan percobaan tendangan ke gawang Kroasia yang dijaga Danijel Subasic. Para pemain Argentina juga sangat bergantung kepadanya sehingga cenderung memaksakan bola untuk dioper ke Messi, meski tahu dia dijaga ketat pemain Kroasia.

Tekanan meraih trofi prestisius bersama Argentina dan perbandingan dengan Diego Maradona, ikon Argentina, seolah 'menelan' Messi dalam beban yang sangat berat. Media Argentina bahkan tidak segan mengkritisi pemain lokal terbaik yang mereka miliki itu.

"Ini bukan tentang Messi plus 10 lagi, tapi 11 minus Messi. Sejam pertama laga sudah jelas memperlihatkan, sepertinya kapten tidak ingin bermain, bahkan dari bahasa tubuhnya di sisa laga mempertegasnya," tulis jurnalis Argentina, Sebastian Fest di La Nacion, Jumat (22/6).

"Kekalahan 0-3 dari Kroasia meninggalkan dua kejelasan dan satu hal yang tidak diketahui. Kejelasan: timnas bukanlah tim. Ketidakjelasan lainnya: timnas tidak tahu bagaimana memaksimalkan potensi Lionel Messi. Hal yang tidak diketahui: apa yang ada di pikiran pemain nomor 10 (Messi) pada laga yang berubah dari aneh ke tragedi seperti hari ini."

Ada juga yang menyalahkan keseluruhan tim dan tidak mengambinghitamkan Messi seorang. Kekalahan dari Kroasia seharusnya dievaluasi baik oleh AFA (Federasi Sepak Bola Argentina).

"Tim mengecewakan kami semua. Kekalahan dan cara kami bermain, mendekatkan kami pada momen ketika semuanya seharusnya melakukan peninjauan mendalam dalam sepak bola Argentina, lebih dari apapun, menemukan identitas akan siapa diri kami semua," tambah mantan pemain Argentina, Diego Latorre.

Kendati demikian, harapan Argentina belum sepenuhnya berakhir, mereka masih memiliki satu laga besar terakhir di grup D melawan Nigeria. Terlepas dari hasil antara Islandia kontra Nigeria malam ini (22/6) pukul 22.00 WIB, Argentina wajib memenangi laga terakhir untuk menjaga asa lolos. Tentunya dengan skor besar jika memungkinkan.

"Argentina sekarang harus bangkit dan meraih kemenangan melawan Nigeria pasca keterpurukan tersebut," timpal jurnalis lainnya, Cristian Grosso.

Breaking News Lionel Messi Piala Dunia 2018 Timnas Argentina Timnas Kroasia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan