BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 telah berakhir dan ditutup dengan laga final di Wembley, London antara Inggris melawan Italia. Gli Azzurri menang melalui drama adu penalti setelah laga imbang 1-1 di waktu normal.

Turnamen telah berakhir tapi Piala Eropa 2020 menyisakan cerita. Salah satu cerita itu datang dari bek tengah timnas Inggris berusia 28 tahun, Tyrone Mings.

Mings melalui musim yang bagus bersama Aston Villa hingga dipanggil Gareth Southgate ke timnas Inggris pada Piala Eropa 2020. Mings tampil apik menjaga clean sheets Inggris di fase grup yang berisikan Kroasia, Skotlandia, dan Republik Ceko.

Mings bermain menggantikan Harry Maguire yang sempat absen karena cedera. Penampilannya itu seolah tidak masalah bagi Mings, tetapi faktanya ia sempat terkena beban mental karena kritikan fans dan pandit sepak bola.

Baca Juga:

Menilik Ulah Fans, Inggris Memang Layak Kalah Adu Penalti

Analisis – Sisi Pragmatis Southgate dan Talenta Lini Serang Inggris yang Terbuang Sia-sia

Lineker Pasang Badan untuk Saka, Sebut Messi dan Ronaldo Juga Pernah Gagal Penalti

Tyrone Mings

Mereka mempertanyakan Mings karena kurangnya pengalaman bermain di turnamen besar serta Liga Champions. Itu sulit bagi Mings hingga ia menuturkan kepada The Sun, bahwa ia mengunjungi psikolog untuk mengatasinya.

"Saya mengalami masa sulit menjelang pertandingan pembuka melawan Kroasia. Saya pikir saya jauh lebih keras bertahan terhadap pengaruh luar sekarang, tetapi kesehatan mental saya menurun," tutur Mings.

"Dan saya tidak malu mengakui itu karena ada begitu banyak hal yang tidak diketahui tentang saya jelang pertandingan itu."

"Saya mungkin satu-satunya nama di lembar tim yang orang-orang pikirkan, 'Tidak yakin tentang dia'. Dan itu adalah sesuatu yang harus saya atasi."

"Ketika 90-95 persen negara Anda meragukan Anda, sangat sulit untuk menghentikan gangguan ini pada pikiran Anda sendiri."

"Jadi saya melakukan banyak pekerjaan dengan psikolog saya. Saya diberi banyak mekanisme mengatasi - apakah itu bernapas, meditasi, atau hanya belajar bagaimana membawa diri Anda ke saat ini. Untuk berhenti membiarkan alam bawah sadar Anda mengambilalih."

"Itu sulit. Saya tidak benar-benar tidur nyenyak sebelum pertandingan pertama itu," urai dia.

Apa Kritikan yang Diterima Mings?

Salah satunya datang dari pandit sepak bola, Rio Ferdinand, yang juga berposisi sebagai bek tengah dan legenda Manchester United. Ucapan Ferdinand mewakili keraguan fans kepada Mings sebelumnya.

"Saya pikir itu adalah bagian terlemah dari tim kami, dan area yang menjadi perhatian kebanyakan orang. Dia belum bermain sepak bola di Liga Champions, dia belum bermain di level ini," tutur Ferdinand sebelum Piala Eropa 2020.

Beruntungnya, Tyrone Mings berhasil membungkam keraguan publik dan pandit sepak bola dengan mencatatkan clean sheets Inggris di fase grup. Mings dan Jack Grealish merupakan dua nama perwakilan Villa di skuad Inggris pada Piala Eropa 2020.