Direstui Presiden Jokowi, PSSI Gerak Cepat soal Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 28 Juni 2022
Direstui Presiden Jokowi, PSSI Gerak Cepat soal Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), merestui PSSI untuk mencalonkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali saat konferensi pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (28/6).

"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah. Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri (menjadi tuan rumah Piala Asia 2023)," kata Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Selasa (28/6).

"Hasilnya seperti apa (dilihat nanti), karena Korea (Selatan), Jepang, dan Australia juga mengajukan. Kita mendukung PSSI jika mau jadi tuan rumah," tambahnya.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Restui Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Melesat di Ranking Terbaru FIFA, Ketum PSSI: Target Saya 150 Besar

PSSI menyambut hal ini dengan gerak cepat. Secepatnya PSSI akan menyelesaikan persyaratan pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023, sesuai permintaan Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC. AFC memberikan tenggat waktu hingga akhir Juni 2022 untuk melengkapi persyaratan.

"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini,” ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

“Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kami siapkan, dan akan kami kirimkan secepat mungkin,’’ imbuh Iriawan.

Sebelumnya, China mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, karena merebaknya varian COVID-19 Omicron di Negara Tirai Bambu tersebut. Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC memberikan kesempatan kepada 24 tim peserta untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah.

Timnas Indonesia sendiri sudah memastikan lolos ke Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong menduduki posisi kedua runner-up terbaik.

Jika dipilih AFC menjadi tuan rumah, sepak bola Indonesia bakal meriah tahun depan. Ada juga Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Adapun Piala Asia 2023 digelar pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023.

Tak hanya itu, kesempatan bagus juga didapat Shin Tae-yong jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu akan maksimal mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 dan Senior di satu negara atau tempat, yakni Indonesia.

Pssi Mochamad Iriawan Menpora Zainudin Amali Zainudin Amali Presiden joko widodo Joko widodo Jokowi Timnas Indonesia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.995

Bagikan