BolaSkor.com - FIFA merilis peringkat negara anggota terbaru. Per 14 Juni 2019, Indonesia berada di peringkat ke-160.

Indonesia turun satu tingkat dari rilis sebelumnya 4 April. Terlebih setelah Malaysia naik sembilan tingkat ke posisi 159.

Penurunan ini membuat Indonesia berada di posisi 33 Asia. Hal ini sekaligus membuat Timnas Indonesia masuk ke pot terakhir atau 5 untuk undian Kualifikasi bersama Piala Asia 2023 dan Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui ranking FIFA per 14 Juni 2019 jadi patokan dalam penentuan pot untuk putaran kedua. Setiap pot diisi delapan negara berdasarkan peringkat di regional Asia.

Baca Juga:

Giliran Timnas Thailand Senior yang Ditinggal Pelatih

Hadapi Timnas Indonesia, Vanuatu Kehilangan Dua Pemain Andalannya

Adapun Malaysia masuk pot keempat. Malaysia sebelumnya memastikan diri lolos ke putaran kedua setelah menang dengan agregat 12-2 atas Timor Leste. Putaran pertama harus dilewati karena sebelumnya berada di luar 34 besar Asia.

Bersama lima tim lain seperti Mongolia, Bangladesh, Kamboja, Guam, serta Macau atau Srilanka, Malaysia melaju dan melengkapi peserta di putaran kedua.

Undian untuk putaran kedua akan digelar di Doha, Qatar, 17 Juli 2019. Sebanyak 40 tim di putaran kedua akan dibagi ke dalam delapan grup.

Babak kualifikasi akan dimulai 5 September dan berakhir 9 Juni 2020. Delapan juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran ketiga.

Pembagian Pot. (Wikipedia)