Ditetapkan sebagai Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut PT LIB Hormati Proses Hukum

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 07 Oktober 2022
Ditetapkan sebagai Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut PT LIB Hormati Proses Hukum
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (LIB)

BolaSkor.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Akhmad Hadian Lukita, ditetapkan sebagai salah satu dari enam tersangka yang bertanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan.

Pasca penetapan status tersebut, Lukita mengatakan siap menjalani setiap proses hukuk yang akan dijalai ke depannya. Pria yang akrab disapa Lulu itu akan bersikap kooperatif selama pemeriksaan.

"Kami akan menghormati proses hukum yang berlaku dan akan mengikuti tahap-tahap proses yang akan dilalui berikutnya. Kami juga berharap peristiwa kemarin menjadi pelajaran berharga bagi semuanya,” kata Lukita.

Sementara itu, Direktur Operasional LIB, Sudjarno, menyampaikan bahwa sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Lukita sempat menjalani pemeriksaan di Mapolres Malang pada Senin (3/10) dan Rabu (5/10).

Baca Juga:

6 Orang Diumumkan sebagai Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ada Dirut LIB hingga Anggota Polri

Soal Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi: Kalau Masuk Pidana Ya Pidanakan

“Bapak Akhmad Hadian Lukita juga sudah berada di Malang sejak Minggu pagi (2/10). Beliau juga sudah bertemu dengan panitia pelaksana (panpel) Arema FC, mengunjungi Stadion Kanjuruhan dan juga bersilaturahmi dengan beberapa keluarga korban tragedi Kanjuruhan,” tutur Sudjarno.

Dalam keterangan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, penetapan tersangka atas Lukita dan kelima orang lainnya dilakukan kepolisian setelah melaksanakan gelar perkara guna meningkatkan status untuk dugaan Pasal 359 dan 360 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan kematian atau luka berat dan Pasal 103 ayat 1 juncto Pasal 52 Undang-undang No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan Lukita sebagai Direktur PT LIB yang menyelenggarakan turnamen dianggap lalai karena menggunakan data verifikasi stadion tahun 2020 untuk pemeriksaan tahun 2022.

"Selain itu ada penolakan jam kick off sore hari dengan alasan hak siar yang bisa terkena penalti," ujar Listyo.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Akhmad Hadian Lukita Sudjarno Arema FC Aremania Stadion kanjuruhan Stadion Kanjuruhan Malang Kanjuruhan Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.289

Bagikan