BolaSkor.com - Barcelona sukses mempermalukan tuan rumah Real Madrid dalam laga bertajuk El Clasico jilid pertama, di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/17). Laga yang diwarnai kartu merah pemain Madrid ini, El Barca menang 3-0 atas El Real.

Sejak kick off babak pertama Real Madrid langsung tancap gas dengan menggurung pertahanan Barcelona. Madrid yang mendominasi terlihat ngotot untuk mencuri gol terlebih dahulu di laga El Clasico ini.

Dua menit berjalan publik Santiago Bernabeu hampir dibuat bergemuruh jika gol sundulan ronaldo tidak dianulir wasit karena offside. Ronaldo kembali mengancam pada menit ke-9, melalui umpan Mercelo dari sayap kiri, namun pemain Portugal itu gagal memanfaatkan dengan maksimal.

Barcelona sebagai tim tamu lebih banyak mengatur tempo dengan memperlambat permainan dan melakukan serangan balik cepat. Peluang emas dari kubu barcelona datang dari Paulinho pada menit ke-30. Sayang tendangan keras masih bisa dipatahkan kiper Madrid Keylor Navas.

Lewat serangan balik cepat, Barcelona kembali mengancam pertahanan Madrid di menit 38. Paulinho masih menjadi aktor, tetapi tandukan masih terhalang oleh kesigapan kiper Madrid Keylor Navas untuk kedua kalinya.

Madrid tak tinggal diam, selang beberapa menit kemudian sundulan Karim Benzema yang mendapat umpan silang Marcelo hampir saja berbuah gol. Namun bola masih dapat dihentikan kiper Barcelona Ter Stegen.

Serangan yang dilancarkan kedua tim selama babak pertama belum ada yang mampu menghasilkan gol. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Barcelona berinisiatif bermain lebih menyerang. Terbukti hasil kerjasama segitiga Ivan Rakitic, Sergi Roberto dan Luis Suarez berujung sebuah gol pada menit ke-60. Penyerang asal Uruguay itu melepaskan tembakan ke sudut pojok yang menembus gawang Madrid.

Selang lima menit, tuan rumah Madrid harus bermain dengan 10 orang setelah Dani Carvajal dikartu merah karena dengan sengaja menahan bola mengunakan tangannya di area kotak penalti.

Wasit pun langsung menunjuk titik putih, Lionel Messi yang menjadi algojo menjalankan tugas dengan baik. Unggul jumlah pemain, membuat pasukan tim Catalan berani keluar menyerang dan terus menggempur hingga wilayah pertahanan Madrid.

Zinedine Zidane mencoba menambah daya serang Madrid dengan memasukkan Gareth Bale dan Marco Asensio. Keduanya cukup sukses menambah daya gedor Los Blancos. Bale pun mendapat peluang emas dari sepak pojok, namun masih mampu dihalau Ter Stegen.

Madrid semakin tenggelam usai bek Alexis Vidal mencetak gol ketiga bagi Barcelona. Berawal dari pergerakan Messi yang menerobos pertahanan Madrid, lalu memberikan umpan terukur kepada Vidal yang tanpa ampun melesakkan tembakan ke gawang Madrid

Hingga peluit panjang, Madrid harus mengakui ketangguhan Barcelona dengan skor akhir 3-0. Hasil ini membuat Barca kian kokoh di puncak klasemen. Sementara Madrid semakin tertinggal jauh dengan selisih 14 poin.

Susunan Pemain:

Real Madrid: Keylor Navas (PG): Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo, Daniel Carvajal, Casemiro (Marco Asensio 72'), Toni Kroos, Mateo Kovacic (Gareth Bale 72'), Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Nacho 66').

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen (PG); Gerard Pique, Thomas Vermaelen, Sergi Roberto (Aleix Vidal 90'), Jordi Alba, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta (Nelson Semedo 76'), Paulinho (Andre Gomes 84'), Lionel Messi, Luis Suarez