Dokter Persib Singgung Kasus Positif COVID-19 di Persebaya

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 29 September 2020
Dokter Persib Singgung Kasus Positif COVID-19 di Persebaya
Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani dan I Made Wirawan. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Dokter Persib Bandung, Mochamad Rafi Ghani turut merasakan duka kepada Persebaya Surabaya. Pasalnya beberapa pemain dan ofisial Bajul Ijo, positif terpapar virus Corona (COVID-19).

Total enam orang terpapar COVID-19. Empat di antaranya merupakan pemain dan dua lainnya adalah ofisial tim.

"Tapi mungkin mau bagaimana lagi, semua orang tidak akan mau terpapar virus ini. Semoga atlet dan ofisial Persebaya hanya OTG dan dengan isolasi mandiri cepat pulih. Mudah-mudahan," harap Rafi di Graha Persib, Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (29/9).

Baca Juga:

Direktur Persib Bandung Hanya Bisa Pasrah dengan Penundaan Liga 1 2020

Penundaan Liga 1 2020 Buat Bali United Kecewa Berat

Persib sendiri langsung menggelar tes swab PCR. Namun kegiatan itu bukan karena kasus Persebaya, melainkan karena agenda yang diberikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) jelang Liga 1 2020.

"Ini satu regulasi yang ditetapkan oleh PSSI dan PT LIB bahwa dengan akan bergulirnya kompetisi kita diharuskan untuk melaksanakan tes swab secara berkala," jelas Rafi.

Rafi mengatakan ini kali pertama tes swab PCR dari PT LIB. Kemungkinan akan terus berlanjut hingga kompetisi berakhir.

"Akan dilakukan setiap minggu sampai akhir kompetisi, kita hitung antara 11-12 kali kita melakukan ini. Mudah-mudahan hasilnya baik sesuai dengan harapan kita," harapnya.

Meski hasilnya negatif, Rafi tetap menginstruksikan para pemainnya untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Terlebih COVID-19 di Indonesia kembali meningkat.

"Saya sudah ungkapkan semua terhadap pelatih, pemain, dan ofisial bahwa protokol kesehatan diikuti dengan baik. Saya menekankan empat tahapan, pakai masker, jangan usap wajah saat kita tidak yakin tangan kita bersih, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak bicara."

"Selain itu jaga pola hidup sehat dan istirahat cukup, asupan makanan yang baik, olahraga teratur dan me-manage tingkat stress."

"Kalau kita bisa menjaga protokol kesehatan, ikuti protokol hidup sehat, Insya Allah walaupun atas seizin Allah kita terpapar paling OTG, gejalanya ringan isolasi mandiri dan kita bisa aktivitas seperti sediakala," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan