BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mendapat informasi bahwa dokumen empat pemain yang hendak dinaturalisasi sudah lengkap. Shin pun kini menunggu progres dari naturalisasi Sandy Walsh dkk.

Shin Tae-yong belum mendapat laporan terbaru terkait progres naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen. Kabar terakhir secara resmi didapat dari PSSI pada November 2021 lalu.

Empat pemain yang berkarir di Eropa itu sejatinya sudah dibutuhkan untuk mendongkrak kekuatan Timnas. Mereka punya kualitas dan pengalaman mumpuni.

Baca Juga:

Masalah Passing Masih Jadi Problem Timnas, Edo Kena 'Tendang' Shin Tae-yong

Luis Milla dan Guru Shin Tae-yong Jadi Kandidat Pelatih Timnas Singapura

Namun begitu, sepulang dari Piala AFF 2020, Shin Tae-yong belum mendapat laporan terbaru. Padahal, dari komunikasi yang dilakukannya sendiri, dia mengklaim dokumen empat pemain sudah lengkap.

"Sampai November tahun kemarin sudah terima laporan bahwa cepat diurus mengenai masalah naturalisasi, tapi sampai saat ini tidak ada laporan apa-apa, progresnya seperti apa," kata Shin Tae-yong.

"Secara pribadi kita menghubungi pemain-pemain yang akan dinaturalisasi. Memang sudah lengkap dokumen-dokumennya," lanjutnya.

Ini berarti dokumen Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen sudah rampung. Sebelumnya, salah satu anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani menyebut dokumen keduanya baru akan dikirim Februari nanti.

Sementara dokumen Jordi Amat dan Sandy Walsh sedang diperiksa tim legal PSSI, setelah beberapa hal yang dibutuhkan dalam proses naturalisasi sudah dikirimkan lebih cepat.

Shin Tae-yong berharap, ketika dokumen mereka sudah lengkap, proses naturalisasi bisa cepat dirampungkan. Dengan begitu, mereka bisa segera membela Timnas Indonesia dalam ajang resmi.

"Ini saatnya PSSI dan pemerintah yang harus memberi bantuan," harap Shin Tae-yong.

Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen memang punya rekam jejak yang ciamik. Tak heran ketika Shin Tae-yong menginginkan para pemain itu segera sah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan menambah opsi kekuatan Timnas. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)