BolaSkor.com - Tertundanya MotoGP 2020 berimbas pada finansial sejumlah tim. Demi mengatasi hal tersebut, Dorna selaku penyelenggara akan memberikan bantuan.

Dengan tidak adanya balapan, tim tidak mendapat uang dari sponsor. Dampak terbesar tentu dirasakan tim satelit seperti LCR, Pramac, dan Petronas.

Berbeda dengan tim pabrikan, tim satelit membutuhkan balapan agar sponsor mau mengeluarkan uang. Sayangnya, balapan perdana urung dilaksanakan akibat pandemi virus corona.

“Melalui IRTA (Asosiasi Tim Balap), tim independen MotoGP akan mendapat bayaran di muka selama bulan April, Mei, dan Juni," tulis keterangan resmi dari Dorna.

Baca Juga:

Virus Corona Tak Kunjung Mereda, MotoGP Prancis Ikut Ditunda

Nostalgia: 3 Gelar MotoGP Valentino Rossi di Honda

"Hal tersebut dilakukan terlepas dari apakah balapan MotoGP dimulai kembali atau tidak. Ini untuk menjamin kesejahteraan ekonomi tim independen dan staf mereka," lanjut keterangan itu.

Tak hanya tim satelit MotoGP, pembayaran juga diberikan kepada tim Moto2 dan Moto3. Dana yang diberikan merupakan jatah tim dari pendapatan Dorna. Biasanya, uang ini dibayarkan setiap bulan, tetapi demi mencegah kebangkrutan, Dorna membayar langsung tiga bulan.

“Selain itu, IRTA telah melakukan pembayaran kepada semua tim Moto2 dan Moto3 untuk mendukung mereka selama periode yang sulit ini," tulis keterangan dari Dorna.