BolaSkor.com – Clasico Jerman atau Der Klassiker di pekan 11 Bundesliga menyajikan pertandingan kelas premium di Signal Iduna Park. Tuan rumah, Borussia Dortmund keluar sebagai pemenang dengan kemenangan 3-2 atas Bayern Munchen dan menambah jarak di antara keduanya di klasemen, menjadi tujuh poin. Dortmund di urutan satu, Bayern di peringkat tiga.

Pertandingan sudah berjalan seru sejak awal laga. Bayern yang bermain dengan taktik 4-1-4-1 mampu mendominasi penguasaan bola dan mengambilalih permainan dari Dortmund, yang menerapkan formasi 4-2-3-1.

Dortmund tampak seperti masih nervous bermain dan inferior di hadapan Bayern. Tim tamu unggul penguasaan bola dan memanfaatkannya dengan gol yang dicetak di menit 26 oleh mantan pemain Dortmund, Robert Lewandowski, kala menanduk bola hasil umpan silang Serge Gnabry. 1-0 Bayern unggul.

Bayern terus memberikan tekanan ke pertahanan Dortmund. Die Borussen – julukan Dortmund – cenderung mengandalkan serangan balik di paruh pertama dan lebih banyak bertahan. Mereka punya satu peluang emas dari Marco Reus, namun sayangnya sepakannya lemah dan masih dapat diantisipasi Manuel Neuer. Paruh pertama berakhir untuk keunggulan Bayern.

Di babak kedua barulah drama dimulai. Masuknya Mahmoud Dahoud dan Paco Alcacer di babak kedua, menggantikan Julian Weigl dan Mario Gotze, meningkatkan intensitas serangan Dortmund. Mereka masih mengandalkan serangan balik, namun lebih cepat dalam melakukannya dan tajam.

Terbukti, gol penyama kedudukan langsung dicetak Reus di menit 49 dari titik putih, setelah sebelumnya Reus dijatuhkan oleh Neuer di kotak terlarang ketika menerima bola operan Jadon Sancho. Reus dengan tenang mengeksekusinya. 1-1 Dortmund menyamakan kedudukan.

Baru saja Dortmund merayakan gol itu, Bayern kembali unggul tiga menit berselang. Lagi, Lewandowski mencetak gol ketika menerima bola lambung dari Joshua Kimmich yang memainkan operan satu-dua dengan Gnabry. 2-1 Bayern kembali unggul.

Dortmund menyerah? Sama sekali tidak. Mereka malah semakin ngotot menyerang dan mendapatkan dua-tiga peluang emas dari kaki Reus serta Alcacer, yang baru berujung gol di menit 67. Reus menyambar bola umpan silang Lukasz Piszczek dengan sepakan first time. 2-2 Dortmund menyamakan kedudukan lagi.

Momentum itu, plus dukungan publik Signal Iduna Park, membakar semangat Dortmund yang akhirnya menentukan kemenangan melalui gol Alcacer di menit 73. Striker pinjaman Barcelona lepas dari jebakan offside dan menjadi super-sub dengan gol yang memberikan keunggulan 3-2 Dortmund atas Bayern.

Bayern sudah berupaya maksimal untuk menyamakannya dan urung melakukannya hingga akhir laga. Kekalahan ketiga musim ini di Bundesliga pun diterima oleh Bayern. Dortmund melanjutkan bulan madu mereka bersama Lucien Favre.

Susunan Pemain:

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Marwin Hitz; Achraf Hakimi, Dan-Axel Zagadou, Manuel Akanji, Lukasz Piszczek; Julian Weigl (Mahmoud Dahoud 46’), Axel Witsel; Jacob Bruun Larsen (Thomas Delaney 82’), Marco Reus, Jadon Sancho; Mario Gotze (Paco Alcacer 59’)

Bayern Munchen (4-1-4-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Mats Hummels (Niklas Sule 65’), Jerome Boateng, David Alaba; Javi Martinez; Serge Gnabry (Renato Sanches 74’), Thomas Muller (Sandro Wagner 82’), Leon Goretzka, Franck Ribery; Robert Lewandowski.