DPR Setuju, PSSI Gerak Cepat Tuntaskan Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 04 Desember 2023
DPR Setuju, PSSI Gerak Cepat Tuntaskan Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On
Jay Idzes saat memperkuat klubnya Venezia di Serie-B Italia. (Instagram.com/jayidzes)

BolaSkor.com - Komisi III dan Komisi X DPR-RI merestui pemberian kewarganegaraan Indonesia terhadap dua pemain keturunan, Jay Idzez dan Nathan Tjoe-A-On. Ini setelah kedua komisi tersebut menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo serta PSSI pada Senin (4/12).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengapresiasi dukungan dari DPR terhadap upaya perbaikan prestasi Timnas Indonesia melalui naturalisasi Jay dan Nathan.

Menurut Yunus, PSSI bersama Kemenpora mengajukan dua pemain tersebut untuk diberikan kewarganegaraan Indonesia karena kemampuannya dibutuhkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Atas disetujuinya di Komisi X dan Komisi III terhadap naturalisasi dua pemain kita, Jay dan Nathan, dan ini yang kami tunggu-tunggu. Terima kasih pada Komisi III, Komisi X dan Ketua DPR-RI yang telah apresiasi dan telah berikan dukungan untuk Timnas Indonesia," kata Yunus Nusi.

Baca Juga:

Komisi X DPR-RI Restui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen Menyusul pada 2024

Gayung Bersambut, Indonesia Siap Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025 Bersama Singapura

Setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi III yang membidangi Hukum dan Komisi X yang mengurusi salah satunya olahraga itu, proses selanjutnya adalah meminta persetujuan seluruh anggota DPR-RI melalui Sidang Paripurna yang akan dilaksanakan pada Selasa (5/12).

"Besok (5/12) dilaksanakan (sidang paripurna) dan mudah-mudahan disetujui," ujar Yunus Nusi.

Setelah proses di DPR-RI rampung, PSSI bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Kementerian Sekretariat Negara akan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan surat keputusan presiden atau Keppres.

"Kami langsung gerak cepat dengan Kemenkumhan dan Setneg untuk memproses secepatnya dua pemain ini kewarganegaraannya," ucap Yunus Nusi.

PSSI memang sedang berpacu dengan waktu mengingat batas akhir atau deadline pendaftaran pemain untuk Piala Asia 2023 semakin dekat. Seluruh tim peserta harus menyerahkan entry by name pada Minggu (10/12).

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Nathan Tjoe-A-On Timnas Indonesia Naturalisasi Pssi Jay Idzes Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.384

Bagikan