BolaSkor.com - Fans sepak bola Inggris yang netral tentunya menikmati drama tujuh gol yang terjadi di Anfield antara tuan rumah Liverpool kontra tim promosi, Leeds United, Sabtu (12/09) malam WIB. Pertandingan pekan pertama Premier League itu menghasilkan drama tujuh gol.

Liverpool unggul sebagai pemenang dengan hasil akhir 4-3 melalui hat-trick gol Mohamed Salah (dua penalti) dan Virgil van Dijk, sementara tiga tol Leeds arahan Marcelo Bielsa dilesakkan Jack Harrison, Patrick Bamford, dan Mateusz Klich.

Liverpool sebagai juara bertahan Premier League dibuat kerepotan oleh Leeds yang datang sebagai juara bertahan Championship. Butuh waktu 16 tahun bagi Leeds sebelum kembali bermain di Premier League dan mereka tidak tampil 'memalukan'.

Leeds bahkan mendominasi penguasaan bola sebanyak 52 persen ketimbang Liverpool (42 persen) dan memainkan sepak bola atraktif sentuhan bola satu-dua dan operan bola-bola pendek. Itu jadi sebuah pesan bahwa Leeds tidak akan sekedar 'numpang lewat' di Premier League.

Baca Juga:

Marcelo Bielsa Sudah Prediksi Hujan Gol di Laga Liverpool Vs Leeds United

Waspada Tim-tim Rival, Leeds United Ancaman Besar di Premier League 2020-2021

Liverpool Tak Pernah Meragukan Kualitas Mohamed Salah

Drama tujuh gol di Anfield

"Pertandingan yang luar biasa, lawan yang luar biasa, penampilan kedua tim yang luar biasa. Tontonan yang tepat, saya menyukainya. Sangat jarang Anda melihat banyak gol dalam sebuah pertandingan," tutur Jurgen Klopp, manaje Liverpool.

"Kami tidak akan pulang dan menikmati hasil itu. Kami perlu menganalisisnya. Leeds istimewa. Meski begitu mereka tampil luar biasa dan itu sangat sulit - selama 95 menit."

Klopp juga dibuat takjub dengan pertandingan tersebut. Akan tapi laga Liverpool kontra Leeds tidak menjadi satu-satunya laga pembuka terbaik Premier League, berikut lima laga lainnya.

1. Arsenal 4-3 Leicester City (2017-2018)

Arsenal vs Leicester City

Terjadi tiga tahun lalu. Arsenal masih dilatih Arsene Wenger dan Leicester City dibesut Claude Puel. Kejar-kejaran gol terjadi di Emirates Stadium dan Arsenal yang mendominasi 70 persen penguasaan bola, melepaskan 27 tendangan, dan 10 tendangan tepat sasaran menang 4-3.

Empat gol Arsenal dicetak Alexandre Lacazette, Danny Welbeck, Aaron Ramsey, dan Olivier Giroud, yang dibalas satu gol Shinji Okazaki dan dua gol Jamie Vardy.

2. Charlton Athletic 2-3 Chelsea (2002-2003)

Charlton vs Chelsea

Momen ketika Charlton dilatih Alan Curbishley dan Chelsea dibesut oleh Claudio Ranieri. Laga yang berlangsung di The Valley drama lima gol dan Paul Konchesky, bek Charlton dikartumerah kala laga baru berjalan 25 menit.

Konchesky kartu merah usai mencetak gol di menit tujuh yang diikuti gol Richard Rufus. Akan tapi Chelsea mampu membalikkan keadaan melalui satu gol Gianfranco Zola, Carlton Cole, dan Frank Lampard. Chelsea menang 3-2.

3. Middlesbrough 3-3 Liverpool (1996-1997)

Fabrizio Ravanelli torehkan hat-trick gol ke gawang Liverpool

Enam gol tercipta di markas Middlesbrough pada laga pembuka Premier League 1996-1997. The Boro besutan Bryan Robson benar-benar membuat Liverpool arahan Roy Evans kesulitan bermain dan hat-trick gol dilesakkan ikon Premier League pada 1990-an Fabrizio Ravanelli.

Middlesbrough tertinggal tiga kali dan Ravanelli tiga kali menyamakan kedudukan, sementara tiga gol Liverpool dicetak oleh Stig Inge Bjornebye, John Barnes, dan Robbie Fowler.

4. Sheffield Wednesday 3-4 Tottenham (1994-1995)

Teddy Sheringham dan Jurgen Klinsmann

Drama tujuh gol tak hanya terjadi di Anfield. Pun demikian di markas Sheffield Wednesday kala melawan Tottenham Hotspur pada laga pembuka Premier League 1994-1995. Sheffield dibesut Trevor Francis dan Tottenham dilatih Gerry Francis.

Tiga gol Sheffield dilesakkan Dan Petrescu, David Hirst, dan gol bunuh diri Colin Calderwood, sedangkan empat gol Spurs datang dari Darren Anderton, Nick Barmby, Teddy Sheringham, dan Jurgen Klinsmann yang mencetak gol pertamanya untuk Spurs.

5. Southampton 3-4 Nottingham Forest (1995-1996)

Legenda Southampton Matt Le Tissier

Southampton besutan Dave Merrington menjamu Nottingham Forest arahan Frank Clark di St Mary's Stadium. Legenda Southampton Matt Le Tissier menorehkan hat-trick gol yang melambungkan harapan The Saints.

Akan tapi Nottingham berbalik menang dari gol kedua Bryan Roy yang menambah dua gol Nottingham lainnya yang dicetak Colin Cooper dan Ian Woan. Drama tujuh gol di markas Southampton berakhir untuk kemenangan tim tamu.