Dua Legenda Liverpool Minta Jurgen Klopp Datangkan Gelandang Kreatif ke Anfield

Arief HadiArief Hadi - Senin, 08 Oktober 2018
Dua Legenda Liverpool Minta Jurgen Klopp Datangkan Gelandang Kreatif ke Anfield
Duel perebutan bola pada laga Liverpool vs Manchester City (Zimbio)

BolaSkor.com - Musim lalu, Liverpool begitu perkasanya di hadapan Manchester City yang menjadi juara Premier League dengan rekor 100 poin. The Reds menodai kesucian The Citizens di Premier League dan dua kali melakukannya di perempat final Liga Champions.

Pep Guardiola pun tampaknya telah mempelajari permainan Jurgen Klopp di Liverpool dan mengantisipasinya dengan memperkuat pertahanan tim. Hasilnya cukup positif. Di pekan delapan Premier League, kedua tim bentrok dan mengakhiri laga dengan hasil imbang tanpa gol.

Gawang Man City aman dari kebobolan dan ancaman serangan balik kilat ala Liverpool. Satu poin juga mereka raih hingga mampu duduk di singgasana Premier League, meski memiliki poin sama dengan Liverpool dan Chelsea - 20 poin.

Sementara bagi Liverpool hasil itu bisa dianggap sebagai kekalahan, karena mereka gagal memaksimalkan status tuan rumah di Anfield yang biasanya angker bagi lawan-lawan yang datang.

Analisis menarik dikeluarkan dua legenda Liverpool, Jamie Carragher dan Graeme Souness mengenai pertandingan tersebut. Mereka berdua sepakat akan satu hal: Liverpool butuh gelandang kreatif.

Pasca Philippe Coutinho hengkang ke Barcelona Januari lalu, Liverpool tak punya gelandang kreatif yang dapat mengembangkan permainan dengan visinya kala mengoper bola, atau mencari celah di rapatnya pertahanan lawan.

Tipe gelandang kreatif itu seperti halnya David Silva, Kevin De Bruyne, atau Bernardo Silva di kubu Man City. Sementara gelandang-gelandang Liverpool kebanyakan bertipe petarung: James Milner, Jordan Henderson, Naby Keita, Georginio Wijnaldum.

"Jika Liverpool berada di posisi (klasemen) yang sangat bagus Januari mendatang, saya pikir mereka harus membenahinya (area tengah permainan). Liverpool tak punya pemain dengan tipikal nomor 10 (playmaker), tidak ada pemain seperti David Silva atau Bernardo Silva di dalam skuat," tutur Carragher di Goal.

Souness, mantan pemain Liverpool pada medio 1978-1984, juga mengamini ucapan Carragher.

"Saya melihat lini tengah Liverpool dan saya yakin ada tiga gelandang hebat yang bekerja keras, namun, mereka tidak punya sedikit kualitas di laga seperti ini (melawan Man City) untuk melihat ke arah lainnya dan mengirim umpan (dengan visi operan)," imbuh Souness.

Klopp punya kesempatan mendatangkan gelandang kreatif pada Januari mendatang di saat bursa transfer musim dingin dibuka. Liverpool sempat dihubungkan dengan beberapa pemain kreatif semisal: Isco, Marco Asensio, Mario Gotze.

Breaking News Liverpool FC Manchester City Jurgen Klopp Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan