BolaSkor.com - Kendati sempat menelan kekalahan 2-3 dari Lazio di Derby della Capitale, AS Roma segera bangkit kala bertandang ke markas Zorya Luhansk, Slavutych-Arena, Jumat (01/10) dini hari WIB dalam lanjutan laga dua grup UEFA Europa Conference League.

Roma yang diunggulkan lolos ke fase gugur menang telak atas lawannya dengan skor 3-0 melalui gol yang dicetak Stephan El Shaarawy (7'), Chris Smalling (66'), dan Tammy Abraham (68'). Roma unggul dengan penguasaan bola 54 persen serta catatan 18 tendangan (10 tepat sasaran).

Kemenangan yang layak untuk Roma yang diprediksi dapat memenangi trofi musim ini di bawah arahan Jose Mourinho. Di antara tiga pencetak gol itu, gol Smalling dan Abraham mengukir rekor di Eropa.

Menurut Opta, untuk kali pertama dalam sejarah Roma ada dua pemain dari Inggris yang mencetak gol atau namanya ada di papan skor pada satu pertandingan yang sama. Mourinho secara khusus memuji Smalling yang sudah pulih dari cederanya.

Baca Juga:

Hasil Liga Europa dan Conference League: Napoli Keok, Tottenham dan Roma Tersenyum

Drama Jose Mourinho Selepas Kekalahan di Derby della Capitale

Chris Smalling

"Sejak pulih (dari cedera), dia (Smalling) selalu tersedia. Hari ini, dengan absennya (Gianluca) Mancini, dia bisa membantu pertahanan," kata Mourinho sebagaimana dilansir dari Mirror.

"Dia bermain bagus dengan banyak komunikasi selain mencetak gol yang selalu merupakan bonus bagus."

Cara Roma bangkit dan merespons kekalahan dari Lazio diapresiasi oleh Mourinho. The Special One menilai kemenangan itu penting untuk dapat menemukan momentum kembali setelah menderita kekalahan.

“Saya menyukai hasilnya, itulah yang penting pada akhirnya,” kata Mourinho kepada Sky Sport Italia. "Beberapa hari yang lalu kami mendominasi melawan tim yang dibuat tampak kecil namun kami kalah. Malam ini kami menang dan itu yang terpenting."

“Kami membutuhkan lima atau enam poin lagi untuk mengamankan kualifikasi. Banyak pemain harus istirahat, kami tidak memiliki cedera baru, jadi itu semua positif.”

Pada lanjutan pekan tujuh Serie A akhir pekan ini Roma akan menjamu Empoli di Stadio Olimpico, Minggu (03/10) pukul 23.00 WIB. Mourinho memprediksi laga sulit melawan Empoli yang saat ini ada di papan tengah klasemen.

“Selalu penting untuk kembali ke jalur kemenangan setelah kekalahan,” lanjut Mourinho. "Empoli memiliki sembilan poin, mereka adalah tim yang sulit untuk dihadapi dan para pemain akan terlambat kembali ke Roma."

"Mereka akan berkorban dengan menginap di tempat latihan semalaman dan berlatih di pagi hari, lalu mereka bisa pulang sebentar," urai dia.