Dua Pemain Keturunan Ingin Lanjutkan Proses Naturalisasi, Satu Lagi sedang Negosiasi dengan PSSI

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 12 April 2023
Dua Pemain Keturunan Ingin Lanjutkan Proses Naturalisasi, Satu Lagi sedang Negosiasi dengan PSSI
Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, saat memberikan keterangan kepada awak media di GBK Arena, Jakarta, Selasa (11/4). (PSSI Pers)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, membeberkan perkembangan terbaru terkait proses naturalisasi tiga pemain keturunan, yaitu Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

Arya mengatakan setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, hanya dua dari tiga pemain keturunan itu yang bersedia melanjutkan proses naturalisasi. Sementara itu, satu pemain lainnya disebut Arya sedang melakukan negosiasi atau pembicaraan dengan PSSI.

Seperti diketahui, PSSI menaturalisasi Ivar, Rafael, dan Justin untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, karena FIFA mencabut status tuan rumah dari Indonesia, maka Tim Merah-Putih otomatis batal berlaga di ajang tersebut.

"Tiga naturalisasi itu karena ada Piala Dunia U-20. Sekarang Piala Dunia U-20-nya tidak ada (dibatalkan), sekarang kita bernegosiasi lagi. Dua pemain sudah menunjukkan titik terang, satu lagi masih negosiasi," kata Arya kepada awak media di GBK Arena, Jakarta.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-22 Imbang Kontra Bhayangkara FC, Indra Sjafri Kantongi Beberapa Catatan

PSSI Bidik SUGBK sebagai Venue Laga Timnas Indonesia U-22 Kontra Lebanon

Indra Sjafri Pulangkan 11 Pemain dari TC Timnas U-22, Ini Daftarnya

Meski tidak disebut namanya oleh Arya, tetapi disinyalir pemain yang masih bernegosiasi itu adalah Justin Hubner.

Sebab, pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu sempat bergabung dalam pemusatan latihan timnas Belanda U-21 untuk laga uji coba kontra Prancis U-21, beberapa waktu lalu.

Justin Hubner juga absen dalam Rapat Kerja Komisi III dan Komisi X DPR-RI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga beserta PSSI pada 20 Maret lalu.

Padahal rapat itu membahas pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Justin dan dua rekannya pada 20 Maret lalu. Berbeda dengan Justin, Ivar dan Rafael bergabung secara virtual.

Setelah diterima oleh Komisi III dan Komisi X, Rapat Paripurna DPR-RI juga menyetujui pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Justin, Ivar, dan Rafael.

Ketiganya kini tinggal menunggu terbitnya Keputusan Presiden atau Keppres sebelum diambil sumpah setia sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Timnas indonesia u-20 Pssi Justin Hubner Ivar Jenner Rafael Struick Naturalisasi Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.303

Bagikan