BolaSkor.comSEA Games 2019, Manila, telah resmi dibuka di Philippine Arena, Bocaue, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11). Pembukaan, perhelatan besar Asia Tenggara ini berlangsung cukup meriah.

Petinju asal Filipina yang juga merupakan juara dunia, Manny Pacquiao mendapatkan kehormatan pada gelaran SEA Games 2019 kali ini. Dia didaulat sebagai atlet yang menyalakan obor ke kaldron utama SEA Games 2019.

Pacman-julukannya menyalakan obor bersama petinju hebat Filipina lainnya, Nesthy Petecio. Setelah itu Pacquiao baru berjalan membawa obor dan manyalakan kaldron utama.

Baca Juga:

SEA Games 2019 Diganggu Badai Kammuri, CdM Indonesia: Ada Tiga Cabor Alami Penundaan

Pembukaan SEA Games 2019: 20 Pakaian Adat Wakili Indonesia

Untuk diketahui, prosesi penyalaan obor utama berlangsung di tempat berbeda dengan Opening Ceremony. Manny Pacquiao dan Petecio melakukan tugasnya di stadion atletik yang terletak di New Clark City.

Sebelumnya di Stadion Philipine Arena juga diadakan prosesi penaikkan bendera South East Asian Games Federation.

Proses Penaikkan Bendera
Prosesi Penaikkan Bendera South East Asian Games Federation (Istimewa)

Tercatat delapan atlet legendaris Filipina terlibat. Di antaranya enam kali juara dunia bowling: Rafael Nepomuceno, empat kali juara dunia biliar bola delapan: Efren Reyes, dan pebasket yang pernah merasakan medali emas SEA Games, Alvin Patrimonio.

Adapun pembukaan ini terbilang cukup sukses. Sebelas kontingen yang melakukan defile di Stadion Philipine Arena terlihat begitu semangat pada acara pembukaan ini. Terlebih mereka diiringi langsung oleh 11 ratu kecantikan Filipina.*