Dua Sisi Mata Koin dalam Penundaan Asian Games 2022

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 06 Mei 2022
Dua Sisi Mata Koin dalam Penundaan Asian Games 2022
Raja Sapta Oktohari (Dok NOC)

BolaSkor.com - Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengungkap kekecewaan sekaligus memahami alasan di balik penundaan Asian Games 2022. Ada alasan kuat mengapa ajang empat tahunan itu harus ditunda.

Asian Games 2022 seharusnya berlangsung di Hangzhou pada 10-25 September. Akan tetapi, karena semakin meningginya angka Covid-19 di China, maka Dewan Olimpiade Asia (OCA) memutuskan menunda event tersebut.

“Terkait penundaan Asian Games, saya sudah konfirmasi langsung dengan OCA, mereka membenarkan Asian Games edisi ke-19 yang dijadwalkan berlangsung 10-25 September 2022 ditunda,” ujar Okto, Jumat (06/05).

NOC Indonesia, dikatakan Okto, menyayangkan penundaan Asian Games Hangzhou. Terlebih, Federasi Nasional (NF) telah menyiapkan atlet untuk dapat meraih prestasi maksimal di Asian Games.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Mengintip Hotel Tempat Timnas U-23 Menginap

Stadion Bakal Penuh, Marc Klok Antusias Bela Timnas Indonesia U-23 Kontra Vietnam

“Penundaan ini tentu juga berdampak dengan pembinaan prestasi karena cabor telah menyiapkan skema pembinaan, baik turnamen single-event dan multi-event. Ini juga akan memengaruhi biaya yang akan ditanggung NF,” kata Okto.

Namun NOC Indonesia juga memahami mengapa keputusan penundaan perlu diambil. Saat ini kesehatan atlet menjadi prioritas.

Upaya tersebut juga dilakukan sebagai langkah antisipasi agar Beijing tidak seperti Shanghai yang tengah di-lockdown selama lebih satu bulan.

“NOC Indonesia juga memahami keputusan OCA, China Olympic Committee (COC) dan Hangzhou Asian Games Organizing Committee (HAGOC), mengingat kasus Covid-19 di sana masih tinggi,” terang Okto.

“Kami concern dengan keselamatan dan kesehatan atlet. Kami pun mengerti karena tidak mudah menyelenggaran multi-event di masa pandemi dan penundaan ini juga menjadi warning bagi kami, terutama sekarang sedang dalam masa persiapan akhir menuju SEA Games 2021 Vietnam. Ingat Covid-19 masih ada, sehingga atlet tetap harus menjaga protokol kesehatan (prokes) dan semoga Covid-19 ini cepat selesai.”

Breaking News Asian games Raja Sapta Oktohari
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan