Dubes RI Jelaskan Karantina yang Harus Dijalani Elkan Baggott

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 15 Desember 2021
Dubes RI Jelaskan Karantina yang Harus Dijalani Elkan Baggott
Elkan Baggott. (PSSI)

BolaSkor.com - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Singapura, Suryopratomo, kembali menjelaskan perihal karantina yang harus dilakukan oleh bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott. Elkan Baggott mendapat perintah karantina pada Senin (13/12) sore seperti dilaporkan PSSI atau satu hari setelah menjalani laga Timnas Indonesia melawan Laos pada Minggu (12/12).

Elkan Baggott dimainkan sejak awal babak kedua menggantikan Rachmat Irianto dalam laga kontra Laos. Elkan Baggott sempat berduet dengan Rizky Ridho sebelum berpasangan dengan Fachruddin Aryanto mengawal pertahanan Indonesia.

PSSI menjelaskan dalam rilis bahwa Elkan Baggott harus dikarantina karena berada satu pesawat dengan penumpang diduga positif COVID-19 varian baru Omicron.

"Singapura itu mempunyai multiministry task force untuk penanganan COVID-19. Bahkan ada Pusat Nasional Penyakit Menular yang bertanggung jawab untuk mengendalikan penularan COVID-19. Ini otoritas di bawah Kemenkes Singapura," kata Suryopratomo dalam keterangan tertulis yang diterima BolaSkor.com.

Baca Juga:

Sempat Diragukan Tampil, Tiga Pilar Vietnam Siap Hadapi Timnas Indonesia

Karantina Elkan Baggott Sampai 18 Desember, PSSI Masih Berharap Ikut Hadapi Vietnam

"Setiap orang yang melakukan kontak erat dengan mereka yang positif COVID-19 akan menerima perintah karantina. Elkan yang datang tanggal 8 Desember, terbang dari London dan transit di Dubai. Semua penumpang begitu tiba dilakukan tes PCR dan menunggu hasilnya ditempat tinggalnya dan dilarang beraktivitas sama hasilnya PCR-nya keluar. Biasanya antara 4 sampai 6 jam. Elkan hasil PCR negatif," tambahnya.

Karantina harus dijalani karena seluruh penumpang Emirates tidak menggunakan VTL (Vaccinated Travel Lane) flight seperti diterangkan Suryopratomo.

"Tetapi karena ada satu penumpang kemudian diketahui positif, seluruh penumpang Emirates karena bukan menggunakan VTL Flight mendapatkan perintah karantina selama 5 hari dari Kementerian Kesehatan Singapura demi keselamatan orang tersebut dan warga yang lain. Positif varian Omicron."

"Elkan hari ini akan mulai menjalani karantina di Hotel Pan Pacific dan kalau nanti pada hari kelima hasilnya negatif pada tanggal 18 bisa beraktifitas kembali secara normal."

Elkan Baggott
Elkan Baggott. (PSSI)

Elkan Baggott pun dipastikan absen memperkuat Timnas Indonesia dalam laga kontra Vietnam, Rabu (15/12) malam. Ada kemungkinan ia baru turun menghadapi Malaysia dalam laga terakhir Grup B pada 19 Desember, namun tergantung hasil tes yang dilakukan di ujung masa karantina.

Suryopratomo menambahkan bahwa Elkan Baggott tak memungkinkan untuk dimainkan melawan Vietnam seperti diharapkan PSSI. Menurutnya, perintah karantina wajib dilakukan dan tidak bisa ditawar-tawar.

"Perintah karantina itu wajib dan tidak bisa ditawar-tawar. Itu kewenangan Kemenkes Singapura. Kalau tidak menjalani hukumannya pidana. Denda 10 ribu dolar atau penjara enam bulan."

Elkan Baggott Timnas Indonesia Singapura Piala aff Piala AFF 2020
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan