BolaSkor.com - Pertandingan sengit akan tersaji di babak playoff Indonesian Basketball League (IBL) 2017/2018 dari Divisi Merah antara Garuda Bandung kontra BSB Hangtuah. Keduanya akan memperebutkan satu tiket ke babak semifinal di GOR C-Tra Arena, Jalan Cikutra Kota Bandung pada 2, 3 dan 5 Maret 2018.

Pelatih Garuda Bandung, Andre Yuwadi mengatakan, sejauh ini sudah melakukan persiapan yang cukup matang. Tak hanya dari segi teknis, namun mental juga menjadi perhatian utamanya.

Apalagi dikatakan dia, di babak reguler timnya mengalami dua kekalahan dari tiga pertemuannya dengan Hangtuah.

"Tentunya dari tiga pertemuan itu, kami banyak belajar dan melakukan evaluasi. Sekarang kita fokus untuk bisa mengincar kemenangan," ungkap Andre.

Namun Andre enggan gegabah sebab Hangtuah bukan tim yang mudah dikalahkan meski pertandingan nanti timnya diunggulkan karena bermain di kandangnya sendiri.

"Di babak playoff ini semua bisa terjadi. Kita tidak bisa meremehkan hal kecil apapun, apalagi bermain di rumah sendiri. Saya tidak mau anak-anak over confidence dan terbebani," katanya.

Hal senada diungkapkan Kapten Garuda, Diftha Pratama. Menurutnya faktor mental harus disiapkan agar kemenangan bisa didapatkan.

"Coach dan manajemen juga sudah bikin enjoy dana kita tidak terlalu tegang meski harus fokus. Saya harap mental dijaga dan tidak berlebihan sehingga tidak mengakibatkan drop juga," harap Diftha.

Tak beda jauh dengan Garuda, pelatih Hangtuah, Andika Supardi Saputra pun hanya menyiapkan mental jelang menghadapi babak playoff ini.

"Garuda tim hebat. Banyak pemain lokal dan banyak pengalaman. Sedangkan kita, tim seumur jagung. Saya hanya bisa meyakinkan pemain saya supaya percaya diri. Artinya jangan sampai ada tekanan dan bermain lepas," ucap Andika.

Di sisi lain, kapten Hangtuah, Abraham Wenas berharap hasil evaluasi yang telah dilakukan selama ini bisa berbuah positif.

"Kami sudah sangat bersemangat untuk memenangkan pertandingan nanti," tandas Wenas.

Format laga playoff adalah best of three. Tim yang dua kali memetik kemenangan akan maju ke babak semifinal melawan juara Divisi Merah, Satria Muda Pertamina. Jika laga berakhir 2-0 untuk salah satu tim, maka game yang direncanakan tanggal 5 Maret tak perlu lagi digelar.

Garuda memiliki hak sebagai tuan rumah karena berada pada peringkat kedua divisi. Poin mereka lebih banyak dari Hangtuah walaupun dalam tiga kali pertemuan di babak reguler Garuda mengalami dua kali kekalahan dan satu kemenangan dari lawan yang sama. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)