BolaSkor.com - Sepak bola Indonesia berduka. Ratusan jiwa melayang meninggal dunia pasca pertandingan Arema FC kontra Persebaya Surabaya, pada laga pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam WIB.

Kejadian ini bermula usai Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya. Kekalahan ini membuat suporter Arema FC, Aremania turun ke lapangan.

Baca Juga:

Pemerintah Tanggung Biaya Rumah Sakit Korban Tragedi Kanjuruhan

Ketum PSSI: Arema FC Dilarang Jadi Tuan Rumah Selama Sisa Kompetisi

Ricuh pun tak bisa dihindarkan. Kepolisian melepaskan gas air mata untuk meredam kericuhan. Malang, 129 orang meninggal dunia dan 180 mengalami luka-luka. Ini akibat terinjak-injak dan sesak nafas.

Para stakeholders sepak bola Indonesia turut berduka. Mulai dari PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), sampai 18 klub. Semuanya menggunakan profil picture dengan background hitam, dan mengucapkan belasungkawa atas korban.

Duka cita juga dirasakan Pemerintah Republik Indonesia melalui Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Liverpool

Manchester United

Tak hanya di Tanah Air, para klub top dunia juga menyampaikan prihatin atas Tragedi Kanjuruhan. Contohnya Liverpool, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Barcelona, PSG, hingga Ajax Amsterdam.

Manchester City

PSG

Arsenal

Barcelona

Ajax Amsterdam

Sementara itu, Liga 1 2022/2023 dihentikan untuk sepekan ke depan. Hal ini dilakukan untuk para stakeholders bekerja mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan.

Semoga ini menjadi yang terakhir bagi insan sepak bola Indonesia.