Dukungan Agum Gumelar untuk Satgas Anti Mafia Bola

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 06 Februari 2019
Dukungan Agum Gumelar untuk Satgas Anti Mafia Bola
Satgas Anti Mafia Bola menggeledah Kantor PSSI. (Istimewa)

BolaSkor.com - Mantan ketua umum PSSI, Agum Gumelar bersuara soal kinerja Satgas Anti Mafia Bola belakangan ini. Ia juga menyampaikan harapannya agar publik memberi keleluasaan satgas untuk bekerja.

"Biarkan mereka bekerjalah. Kan semua juga tidak suka kalau ada pengaturan skor. Biarkan mereka bekerja," kata Agum usai menghadiri deklarasi Bravo Cijantung for Jokowi-Amin, Selasa (5/2).

Selama menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Agum Gumelar memberlakukan tiga poin yang tabu. Salah satunya suap yang kemungkinan terjadi dalam pengaturan skor.

Yang pertama ditabukan Agum Gumelar adalah pemain bertengkar di tengah lapangan. "Itu pengecut," tegas Agum.

Baca Juga:

Arema FC Nilai Jangan Sampai Manuver Satgas Anti Mafia Bola Berujung Sanksi FIFA

Berbagai Barang yang Disita Satgas Anti Mafia Bola dari Kantor PSSI FX Sudirman

"Tabu kedua adalah tabu melawan keputusan wasit dengan cara yang tidak wajar. Menendang wasit, mengeroyok wasit. Yang ketiga tabu suap," ujarnya.

Agum Gumelar menyerahkannya kepada pihak kepolisian terkait pemberantasan praktik pengaturan skor. "Pengaturan skor dan suap itu tugasnya polisi. Tugas PSSI jangan suap ini kemudian memengaruhi pertandingan. Itu yang tidak boleh," beber Agum.

Sebelumnya, Arema FC lewat media officer-nya, Sudarmaji sempat mengutarakan kecemasan Indonesia terkena sanksi FIFA. Hal ini karena kekhawatiran dianggap intervensi pemerintah dalam mencari pengaturan skor. Alat negara yakni kepolisian sebelumnya sampai menggeledah kantor PSSI dan PT Liga Indonesia, untuk mencari dokumen terkait penyelidikan pengaturan skor.

Kecemasan serupa sempat datang dari Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemenangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, Erick Thohir. Menurutnya, pihak-pihak terkait harus segera berkonsolidasi untuk menanggapi kejadian ini. Erick prihatin Kepolisian, PSSI, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak bersinergi dalam menyelesaikan kasus ini.

Satgas Anti Mafia Bola Agum gumelar Pssi Match Fixing
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan