Dukungan Presiden hingga Langsung ke FIFA Bukti Peru Pesaing Serius Indonesia untuk Piala Dunia U-20

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 02 September 2019
Dukungan Presiden hingga Langsung ke FIFA Bukti Peru Pesaing Serius Indonesia untuk Piala Dunia U-20
Wakil Peru kunjungi markas FIFA untuk Piala Dunia U-20 2021. (FPF)

BolaSkor.com - Peru menjadi negara yang juga menunjukkan keseriusan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 selain Indonesia. Pemerintah dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF) berkolaborasi untuk mewujudkan Piala Dunia U-20 di negaranya.

Ambisi Peru menjadi tuan rumah tak lepas dari kegagalan menggelar Piala Dunia U-17 2019. Awalnya Peru ditetapkan menjadi tuan rumah, sebelum dibatalkan pada Februari 2019 menyusul pemeriksaan fasilitas dan kekhawatiran terhadap penyelenggaraan. Piala Dunia U-17 2019 kemudian ditetapkan digelar ke Brasil.

Teranyar perwakilan Federasi Sepak Bola Peru (FPF) terbang langsung ke markas FIFA di Zurich pada akhir Agustus. FPF sudah mendapat dukungan penuh pemerintah terkait pengajuan menjadi tuan rumah.

Baca Juga:

PSSI Dapat Dukungan Negara ASEAN untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Wali Kota Surabaya Sambut Positif Masuknya Stadion GBT dalam Pencalonan Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Sekjen FPF Oscar Chiri dan Romina Fernandez menjadi wakil FPF. Sementara Duta Besar Peru untuk Swiss, Ana Rosa Maria hadir atas nama Presiden Republik Peru, Martin Vizcarra, untuk memberikan dokumen dukungan pemerintah dalam pengajuan.

Presiden Peru sudah lebih dulu memastikan dukungan lewat surat kepada Presiden FIFA, Gianni Infantino pada 20 Mei 2019. "Atas nama Pemerintah Peru, kami menyatakan 'Deklarasi Pemerintah' yang melaluinya kami menyatakan niat resmi untuk berkolaborasi, untuk melaksanakan acara olahraga ini," isi surat yang dikutip dari Peru 21.

Dukungan tersebut melalui investasi infrastruktur, biaya organisasi, keamanan, jaminan (izin masuk dan keluar, izin kerja, pertukaran mata uang, keamanan), hukum, perlindungan hak komersial, telekomunikasi, dan lainnya.

Menurut Libero, semua format dan peraturan FIFA dipenuhi dengan sangat serius dan profesional. Pelengkapan dokumen berakhir pada 30 Agustus dan FPF disebut sudah menyerahkan sehari sebelumnya.

Di sisi lain, PSSI baru saja merilis video promosi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dalam video tersebut, PSSI menyajikan sejumlah stadion seperti Utama Gelora Bung Karno, Pakansari, Manahan, Kapten I Wayan Dipta, Bung Tomo, Mandala Krida, Gelora Sriwijaya, Wibawa Mukti, Patriot, Si Jalak Harupat.

"PSSI secara resmi mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia akan bersaing dengan Peru, Brasil dan tiga negara Arab yang menjadi tuan rumah bersama; Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab."

Peru Indonesia Piala dunia u-20 Fifa Breaking News Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan