Indonesia, salah satu tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Piala Dunia Bolabasket FIBA 2023 berhasil merangkul Bank Mandiri sebagai sponsor utama kejuaraan yang akan berlangsung 25 Agustus hingga 10 September 2023.

Perjanjian kemitraan di countdown 500 hari menuju pelaksanaan event yang juga berlangsung di Jepang dan Filipina tersebut, menempatkan Bank Mandiri akan mendapatkan akses hak komersial utama ke FIBA Basketball World Cup 2023 di wilayah Indonesia.

Penandatanganan kerjasama sponsorship antara Bank Mandiri dengan FIBA World Cup 2023 dilaksanakan Selasa, 12 April 2022 di Jakarta. Kegiatan untuk mendukung pelaksanaan event dunia yang diikuti 32 negara tersebut dihadiri Darmawan Junaidi - Dirut Bank Mandiri, David Crocker - Executive Director FIBA Basketball World Cup 2023, Cahyadi Wanda - Ketua JMC (Joint Management Committe), dan Budisatrio Djiwandono - Ketua Pelaksana FIBA WC 2023.

Sedangkan turut hadir dalam momen penting itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainuddin Amali dan FIBA Board Member, Erick Thohir.

Menurut Darmawan Junaidi, partisipasi Bank Mandiri untuk menjadi sponsor FIBA World Cup 2023 tidak lepas dari komitmen lama yang sudah dijalankan bank pemerintah tersebut dalam mendukung perkembangan olahraga bola basket di tanah air.

Baca Juga:

Konsisten, Kompetisi Basket Ramadhan Fest 2.0 Resmi Dibuka

SEA Games Semakin Dekat, Tak Ada Waktu Libur untuk Atlet

"Saat ini Bank Mandiri telah mengindetikkan diri sebagai perusahaan yang mendukung kemajuan dan perkembangan olahraga basket secara nasional. Karena itu, momen Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia bola basket ini menjadi kesempatan penting bagi Bank Mandiri untuk lebih dikenal di pentas yang lebih tinggi," jelasnya.

David Crocker - Executive Director FIBA Basketball World Cup 2023 menyatakan apresiasi atas kehadiran Bank Mandiri sebagai sponsor utama dan juga yang pertama mendukung pelaksanaan kejuaraan yang untuk pertama kalinya berlangsung di tiga negara.

"Kami senang Bank Mandiri bergabung dengan tim sebagai sponsor utama resmi pertama Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Indonesia. Keputusan strategis Bank Mandiri untuk membantu mengembangkan bola basket ini penting, tidak hanya di Asia tetapi juga di Indonesia. juga di seluruh dunia."

Cahyadi Wanda - Ketua JMC (Joint Management Committe) Indonesia yang menjadi pelaksana dalam menangani marketing antara FIBA World Cup dengan tuan rumah penyelenggara menyambut positif respon aktif dari bank pemerintah yang sejak jauh hari sudah menyatakan komitmen dalam mendukung pelaksanaan FIBA World Cup 2023.

"Ini merupakan indikasi bagus, baik dalam kapasitas Indoensia sebagai tuan rumah, maupun bagi event FIBA World Cup 2023 karena kehadiran Bank

Mandiri sebagai sponsor utama dan pertama di ajang ini menjadi sinyal bahwa ajang ini akan berlangsung sukses dan meraih banyak peminat, serta pecinta basket dari seluruh dunia."

Sementara itu, Budisatrio Djiwandono mengatakan dukungan Bank Mandiri sebagai sponsor utama event bolabasket internasional di Indonesia memperlihatkan bahwa bolabasket telah menjadi pilihan prioritas bagi kalangan bisnis dalam mendukung kemajuan olahraga.

"Dengan partisipasi Bank Mandiri di FIBA World Cup 2023, terlebih Bank Mandiri juga mendukung pelaksanaan FIBA Asia Cup 2022 menandakan bahwa bolabasket telah menjadi pilihan utama bagi kalangan bisnis untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan brand mereka ke pecinta bolabasket Indonesia dan dunia yang siap menantikan FIBA World Cup 2023."

Piala Dunia Bola Basket FIBA adalah kompetisi bola basket internasional yang diikuti para tim nasional putra senior anggota Federasi Nasional FIBA. Format turnamen saat ini melibatkan 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara di negara penyelenggara.

Pada 2023, ajang tersebut akan dimainkan untuk pertama kalinya di tiga negara tuan rumah, Filipina, Jepang, dan Indonesia. Tim pemenang akan dinobatkan sebagai juara dunia dan akan menerima Naismith Trophy, yang pertama kali diberikan pada 1967. Juara bertahan FIBA World Cup adalah Spanyol, yang mengalahkan Argentina di final turnamen 2019 di China.