Dusan Tadic, Bukti Transfer Pemain Tak Perlu Habiskan Dana sampai 222 Juta Euro

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 14 Desember 2018
Dusan Tadic, Bukti Transfer Pemain Tak Perlu Habiskan Dana sampai 222 Juta Euro
Dusan Tadic (Zimbio)

BolaSkor.com – Kelolosan Ajax Amsterdam ke-16 besar Liga Champions 2018-19 bukan cuma kesuksesan bagi sepak bola Belanda yang pernah berjaya di masa lalu. Apalagi, Ajax jadi perwakilan tunggal Eredivisie karena tim Belanda lainnya, PSV Eindhoven gagal lolos dari penyisihan grup B.

Ajax juga seharusnya membuka ‘mata’ pecinta sepak bola Eropa dengan fakta, sukses itu tak perlu mengeluarkan banyak uang, khususnya untuk membeli satu pemain dengan harga yang teramat mahal. Modal Ajax sejauh ini hanya talenta muda produk akademi dan pemain-pemain berpengalaman.

Kejelian Erik ten Hag meracik skuat dan memaksimalkan pemain dalam tim patut diberi acungan jempol. Ajax tak punya Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar, atau Eden Hazard, tapi mereka punya permainan kolektif.

Baca Juga: Bukan Cristiano Ronaldo, Striker Polandia Top Skor Sementara Liga Champions 2018-19

Kolektivitas bermain Ajax membawa mereka lolos ke-16 besar sebagai runner-up grup E yang berisikan Bayern Munchen, Benfica, dan AEK Athens. Ajax lolos dengan 12 poin, tidak pernah kalah, tiga kali menang dan imbang dengan torehan 11 gol dan kebobolan lima gol.

Dusan Tadic kala melawan Benfica
Dusan Tadic kala melawan Benfica

Dua pemain muda Ajax yang saat ini menjadi buah bibir pembicaraan rumor transfer adalah Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt. Menahan kepergian mereka ke klub besar Eropa lainnya memang sulit. Hanya masalah waktu sebelum keduanya hengkang.

Tapi, patut digarisbawahi kepergian mereka akan memberikan Ajax dana dan keuntungan besar untuk kemudian dibelanjakan pemain-pemain lainnya sesuai kebutuhan pelatih. Dari kacamata marketing, Ajax tim yang pintar: menghasilkan talenta berbakat, lalu menjualnya dengan harga tinggi.

De Jong dan De Ligt merupakan dua nama yang diprediksi punya banderol besar ketika dijual ke bursa transfer pemain. Dari kedua pemain itu Ajax bisa dapat untung besar. Uniknya, Ajax tidak jor-joran mengeluarkan dana yang besar ketika itu urusannya dengan perekrutan pemain anyar.

Baca Juga: Perubahan Filosofi dan Tradisi Transfer Ajax Amsterdam

Ajax merekrut empat pemain di musim panas ini: Hassane Bande, Zakaria Labyad, Dusan Tadic, dan Daley Blind. Jika ditotal, uang yang dikeluarkan Ajax untuk merekrut keempatnya tidak lebih dari 50 juta euro – bahkan tidak mencapai setengah harga transfer Neymar ke Paris Saint-Germain (222 juta euro).

Di antara mereka, nama Tadic patut dijadikan topik pembicaraan karena performa hebatnya. Istilahnya, Ajax mendapatkan layanan kelas premium meski membeli pemain level dua atau tiga dari total lima bintang yang ada. Harga beli Tadic hanya 16 juta euro dari Southampton

Breaking News Dusan Tadic Ajax amsterdam Liga Champions Neymar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan