BolaSkor.com - Mencari waktu yang tepat untuk memulai kompetisi dan liga-liga Eropa musim 2019-20 menjadi tugas berat operator saat ini. Mengenai hal tersebut ECA selaku Asosiasi Klub di Eropa dan UEFA (Federasi Sepak Bola Eropa) telah mencapai kata sepakat.

Menurut informasi yang dimuat Cadena SER dan Football-Italia ECA dan UEFA sepakat untuk memulai kembali sepak bola di musim 2019-20 pada Juli 2020 dan berakhir Agustus 2020. Sementara musim baru nantinya akan berlangsung September 2020.

Khusus untuk Liga Champions dan Liga Europa akan ada perubahan dalam format di sistem gugur. Tidak lagi berlangsung dua leg laga nanti akan berlangsung satu leg untuk menghemat waktu, ada juga potensi laga dimainkan di tempat netral di negara yang tidak ditemukan banyak kasus virus corona.

Baca Juga:

Tiru Liverpool, Tottenham Batal Gunakan Dana Bantuan Pemerintah

Cerita Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong soal Isolasi yang Dijalani di Korea Selatan

Pemotongan Gaji Pemain Premier League Harus Diikuti Embargo Transfer

Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan Presiden ECA Andrea Agneli

Seperti diketahui pandemi virus corona telah memengaruhi sepak bola secara global. Liga-liga dan kompetisi ditunda tanpa tahu kapan Covid-19 mereda atau sepenuhnya hilang.

Apabila sepak bola benar dimulai kembali pada Juli 2020 maka ada potensi dilangsungkan tanpa penonton untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus corona.

Premier League sudah memasuki pekan ke-29, Serie A pekan 26, LaLiga pekan 27, dan Bundesliga hingga pekan 25. Musim 2019-20 dari segi kompetisi sedianya tinggal menyisakan kurang dari 12 pertandingan.

Risiko dari tanggal yang ditentukan itu bisa jadi berpengaruh kepada kebugaran pemain yang memainkan laga dalam waktu singkat. Padatnya jadwal bisa menimbulkan kelelahan dan risiko cedera lebih tinggi. Apalagi jika mereka tak punya waktu istirahat cukup jelang musim baru.

Seperti diketahui menyelesaikan kompetisi musim 2019-20 merupakan prioritas bagi operator liga. Mewakilinya adalah Gabriele Gravina selaku Presiden Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) untuk Serie A.

"Begitu kondisinya sudah membaik, kami akan menyelesaikan kompetisi. Akan ada pertemuan. Kami akan menetapkan prosedur yang kemudian akan kami komunikasikan,” tutur Gravina.

"Kami akan mulai, semoga, di awal Mei dengan tes untuk memastikan para pemain negatif dan sesi latihan bisa menyusul. Apakah kami akan main sepanjang musim panas? Kami tak punya tenggat waktu tapi tujuannya untuk menyelesaikan kompetisi," pungkas dia.

Para pemain, staf kepelatihan, dan seluruh kru akan menjalani tes pemeriksaan virus corona.