BolaSkor.com - Kabar mengejutkan datang dari tim pabrikan MotoGP dari Austria, KTM. Senin (12/08), tim yang bekerja sama dengan Red Bull ini mengumumkan telah mengakhiri kontrak bersama Johann Zarco.

Mengejutkan karena Zarco terikat kontrak bersama KTM sampai penghujung MotoGP 2020. Kini tidak bisa dimungkiri, kepergian pembalap asal Prancis ini bakal memunculkan efek domino.

Baca Juga:

Paddock MotoGP Gempar, Johann Zarco Tinggalkan KTM

Jorge Lorenzo Kemungkinan Tetap Bertahan di Repsol Honda

BolaSkor.com coba mengumpulkan efek domino yang kemungkinan muncul:

1. Ke Mana Zarco Berlabuh Tahun 2020

Ya, Zarco harus menimbang opsi terbaik yang bakal dipilih. Karena saat ini, hanya ada dua kursi kosong untuk MotoGP 2020. Pertama, kursi Jack Miller di satelit Pramac Ducati. Kedua, milik Takaaki Nakagami di tim satelit LCR Honda.

Opsi paling 'gila' adalah Zarco bisa merapat ke Repsol Honda, jika Jorge Lorenzo benar-benar kembali ke Pramac. Namun jika faktanya Miller dan Nakagami sama-sama perpanjang kontrak dengan tim masing-masing, maka kemungkinan terbaik untuk Zarco adalah coba petualangan di Superbike 2020 dan kembali ke MotoGP 2021 dengan status juara dunia.

2. Teka-teki Pengganti di Pabrikan KTM

Satu kursi kosong di KTM juga sangat menarik dinantikan siapa pengisinya. Kandidat paling mungkin yaitu Miguel Oliveira. Pasalnya kini pembalap asal Portugal itu sudah mengantongi kontrak bersama tim satelit KTM Tech 3. Jika Oliveira naik kelas ke tim pabrikan KTM, maka ada satu kursi kosong di tim satelit Tech 3 yang kemungkinan milik pembalap rookie.

Selain Oliveira, nama eks rider Repsol Honda, Dani Pedrosa juga masuk nominasi. Opsi ini sangat terbuka mengingat sekarang Pedrosa berstatus pembalap penguji KTM. Masalahnya apakah sang pembalap berminat.

Problem di atas sudah diutarakan salah satu direksi KTM, Hubert Trunkenpolz. "Solusi terbaik adalah Pol Espargaro dan Pedrosa. Hanya saja Pedrosa teken kontrak sebagai pembalap penguji dan menegaskan belum berniat kembali berlomba."

Jack Miller
Jack Miller (Twitter/Pramac)

3. Jack Miller di Persimpangan dan Membesarnya Kans Lorenzo Kembali ke Ducati

Dengan keluarnya Zarco dari KTM, masa depan Miller bisa ada di persimpangan. Opsi gabung KTM sangat menarik buatnya lantaran berstatus tim pabrikan, walau motor tim ini belum berstatus papan atas. Andai KTM tertarik terhadap sosok pembalap asal Australia ini, maka satu kursi kosong di tim satelit Pramac Ducati bisa benar-benar milik Lorenzo, dan Zarco merapat ke Honda untuk jadi partner Marc Marquez.

Tapi kemungkinan terjadinya kabar di atas, sangat kecil. Karena kubu Pramac telah deklarasi proses perpanjangan kontrak Miller di tim tinggal menunggu detail terakhir. Lorenzo juga dikabarkan bertahan di Honda.*