Juventus Dihukum Pengurangan 15 Poin

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 21 Januari 2023
Juventus Dihukum Pengurangan 15 Poin

BolaSkor.com - Kabar buruk harus diterima Juventus. Bianconeri mendapat hukuman pengurangan 15 poin dari klasemen Serie A 2022-2023 karena kasus Capital Gain.

Capital Gain adalah skandal pemalsuan pembukuan keuangan yang dituduhkan kepada Juventus. Hal ini mengacu dari sejumlah transfer mencurigakan dengan nilai yang digelembungkan pada periode 2018 hingga 2020.

Kasus ini juga membuat sejumlah dewan direksi Juventus mengundurkan diri. Andrea Agnelli (presiden) dan Pavel Nedved (wakil presiden) turut serta meletakkan jabatannya.

Baca Juga:

Juventus Intip Peluang Boyong Ilkay Gundogan

Penantian Panjang Federico Chiesa Selama 378 Hari Telah Berakhir

Juventus Sapa Juventini Tanah Air Lewat ‘Juventus Village di Jakarta’

Perkembangan kasus ini memasuki babak baru. Pengadilan Banding Federal menerima permintaan jaksa FIGC untuk membuka kembali sidang olahraga terhadap Juventus. Hal ini tak lepas dari didapatkannya sejumlah bukti-bukti baru.

Awalnya Juventus dituntut menerima hukuman pengurangan sembilan poin. Pengadilan Banding Federasi kemudian menambahnya menjadi 15 poin.

Hukuman terhadap Juventus ini langsung berlaku. Tim asuhan Massimiliano Allegri yang sempat berada di zona Liga Champions kini terjun bebas ke peringkat sepuluh.

Juventus tidak terima begitu saja dengan hukuman ini. Klub asal Turin itu siap mengajukan banding.

“Juventus menunggu publikasi alasan keputusan tersebut dan saat ini mengumumkan pengajuan banding ke Dewan Jaminan Olahraga (Collegio di Garanzia dello Sport) sesuai dengan ketentuan Kode Keadilan Olahraga," bunyi pernyataan resmi Juventus.

Selain pengurangan poin, sejumlah pejabat Juventus juga menerima hukuman berat. Andrea Agnelli dan Maurizio Arrivabene dilarang beraktivitas di sepak bola selama dua tahun.

Fabio Paratici yang kini sudah pindah ke Tottenham Hotspur dijatuhi hukuman lebih lama yaitu dua setengah tahun. Sementara Nedved hanya delapan bulan.

Juventus Serie a FIGC Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan