Efek Liga Super Eropa, Kelanjutan Liga Champions 2020-2021 Terancam

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 19 April 2021
Efek Liga Super Eropa, Kelanjutan Liga Champions 2020-2021 Terancam
Liga Champions 2020-2021. (Twitter)

BolaSkor.com - Efek perkenalan Liga Super Eropa langsung memberikan dampak negatif kepada gelaran Liga Champions 2020-2021. Kelanjutan kompetisi antarklub elite benua biru yang sudah mencapai babak semifinal itu kini berada dalam tanda tanya.

Liga Super Eropa memang berencana menggeser hegemoni Liga Champions yang sudah mendunia. Namun kompetisi baru ini rencananya baru akan digelar pada Agustus mendatang atau setelah musim 2020-2021 berakhir.

Harusnya rencana tersebut tak mengganggu gelaran Liga Champions musim ini. Namun tiga dari empat semifinalis merupakan pelopor Liga Super Eropa.

Baca Juga:

Tak Gentar dengan Ancaman UEFA, 12 Klub Dirikan Liga Super Eropa

Pernyataan Tegas UEFA Terkait Liga Super Eropa

Sanksi Berat Menanti Klub dan Pemain yang Ikut Liga Super Eropa

Liga Super Eropa

Empat tim yang melaju ke semifinal adalah Chelsea, Manchester City, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain (PSG). Dari daftar tersebut, hanya nama terakhir yang tidak terlibat dengan perkenalan Liga Super Eropa meski masih digoda untuk ikut ambil bagian.

Tak sampai di situ, Chelsea, Manchester City, dan Real Madrid bersama telah mengambil keputusan untuk keluar dari asosiasi klub Eropa (ECA). Padahal ECA merupakan satu-satunya badan perwakilan klub yang diakui UEFA, penyelenggara Liga Champions.

Keluar dari ECA normalnya akan membuat hak mereka untuk tampil di Liga Champions akan dicabut. Namun sejauh ini UEFA belum mengambil keputusan resmi terkait kelanjutan Liga Champions 2020-2021.

UEFA memang harus mempertimbangkan masalah ini secara matang. Ada kepentingan sponsor yang harus diakomodasi dan membuat posisi tawar tiga klub selain PSG itu cukup kuat.

UEFA setidaknya punya waktu sekitar satu pekan untuk mengambil keputusan final. Durasi yang singkat ini harusnya dimanfaatkan mereka untuk berdiskusi dengan berbagai pihak.

Peluang melanjutkan Liga Champions 2020-2021 hingga tuntas masih terbuka. Namun bukan tidak mungkin PSG akan langsung ditetapkan sebagai juara karena tiga tim lainnya didiskualifikasi.

Hal yang tak jauh berbeda juga berlaku untuk Liga Eruopa. Keikutsertaan Manchester United dan Arsenal kini menjadi tanda tanya karena turut menjadi pelopor Liga Super Eropa.

Liga Champions Liga Super Eropa UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan