Efek Pandemi Virus Corona, FIFA Izinkan Klub Tolak Lepas Pemain ke Timnas

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 25 Agustus 2020
Efek Pandemi Virus Corona, FIFA Izinkan Klub Tolak Lepas Pemain ke Timnas
FIFA (Twitter)

BolaSkor.com - Sejumlah tim unggulan terancam tampil tanpa kekuatan penuh saat melakoni laga pembuka fase grup UEFA Nations League, September mendatang. Hal itu setelah FIFA mengizinkan klub untuk tak melepas pemainnya ke timnas.

Sebelumnya setiap klub diwajibkan melepas pemain yang dipanggil ke timnas selambat-lambatnya empat hari sebelum jadwal FIFA Matchday. Jika melanggar, Federasi sepak bola dunia siap menjatuhkan hukuman.

Namun FIFA baru saja merevisi regulasi pemanggilan pemain ke timnas. Hal itu tak lepas dari masih berlangsungnya masa pandemi virus corona.

Baca Juga:

Premier League Tolak Lanjutkan Aturan 5 Pergantian Pemain

FIFA Turun Tangan Selesaikan Kontroversi Penggunaan VAR

Seleksi Venue Piala Dunia 2026 Tertunda Pandemi COVID-19

UEFA Nations League

Kini klub boleh menolak melepas pemain untuk membela negara. Syaratnya, timnas sang pemain akan bertanding di tempat yang mewajibkan masa karantina.

Regulasi ini akan diterapkan hingga akhir September. Dalam periode tersebut, negara-negara Eropa akan tampil di UEFA Nations League dan sejumlah laga persahabatan.

"Mengingat evolusi pandemi virus corona baru-baru ini, Biro Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan untuk sementara waktu mengadaptasi aturan mengenai pembebasan pemain selama jendela internasional September mendatang, yang hanya akan dimainkan oleh asosiasi anggota UEFA," bunyi pernyataan FIFA.

"Banyak pemerintah negara menerapkan lagi pembatasan perjalanan dan imigrasi karena peningkatan infeksi virus corona yang baru. Sebagian pendekatan itu berdampak langsung terhadap kompetisi internasional seperti periode wajib atau isolasi mandiri dan pembatasan bepergian."

UEFA memang menjadi satu-satunya konfederasi yang melaksanakan FIFA Matchday pada September mendatang. Sementara konfederasi lain sudah menunda semua jadwal hingga tahun depan.

Fifa Virus Corona UEFA Nations League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan