Egy, Asnawi, dan Arhan Tidak Main Penuh Kontra Kamboja, Shin Tae-yong Beri Penjelasan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 24 Desember 2022
Egy, Asnawi, dan Arhan Tidak Main Penuh Kontra Kamboja, Shin Tae-yong Beri Penjelasan
Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri dan Pratama Arhan. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menarik sejumlah pemain pilarnya di babak kedua saat menghadapi Kamboja, Jumat (24/12). Dua di antaranya merupakan pencetak gol Timnas Indonesia ke gawang Kamboja, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di Piala AFF 2022 dengan baik. Garuda mengalahkan Kamboja 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dua gol kemenangan Timnas Indonedia dikreasi oleh Egy Maulana Vikri (7') dan Witan Sulaeman (36'), yang hanya mampu dibalas sekali oleh Kamboja lewat Saret Krya (15'). Meski mencetak gol, Egy dan Witan tidak bermain penuh di pertandingan ini.

Egy digantikan Saddil Ramdani pada babak awal babak kedua, sedangkan Witan ditarik keluar di menit 82. Shin Tae-yong memasukkan Dendy Sulistyawan untuk menggantikan peran pemain AS Trencin tersebut.

Usai pertandingan, Shin Tae-yong menjelaskan alasannya memainkan Egy hanya di babak pertama. Dia ingin menjaga kondisi pemain berusia 22 tahun itu supaya tetap fit untuk laga selanjutnya melawan Brunei Darussalam di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12).

"Egy mencetak gol di babak pertama, tapi saya melihat alur pertandingan seperti apa. Selain itu, Egy juga pemain penting bagi tim. Saya harus melihat, jaga performa untuk laga selanjutnya," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Hasil Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja 2-1

Bintang Laga Indonesia Vs Kamboja: Witan Sulaeman Sang Penentu Kemenangan

Egy Maulana Vikri Beberkan Kondisi Ruang Ganti Timnas Indonesia Setelah Kalahkan Kamboja

Selain Egy dan Witan, Shin Tae-yong juga tidak memainkan Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Bahar secara penuh. Arhan ditarik pada menit ke-52, sedangkan Aswani di menit ke-61.

Arhan memang dalam kondisi yang belum sepenuhnya fit. Pemain Tokyo Verdy itu sempat berlatih terpisah saat Timnas Indonesia melakukan persiapan di SUGBK, Selasa (20/12).

"Arhan juga tidak pernah bertanding (di klubnya) setelah melawan Curacao (bersama Timnas Indonesia). Sedangkan Asnawi setelah Timnas Indonesia melawan Curacao, dia mengalami cedera otot. Saat kembali ke Ansan Greeners, dia hanya main sekali dan setelah itu absen."

"Secara keseluruhan memang para pemain kita kondisinya kurang baik sekarang. Apalagi fisiknya belum maksimal, akhirnya saya mengganti pemain-pemain tersebut untuk ke depan pasti jadi lebih baik," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong memang perlu cermat dalam merotasi skuatnya. Sebab, pertandingan di Piala AFF berlangsung cukup padat. Setelah menjamu Kamboja, Timnas Indonesia akan bertandang ke Kuala Lumpur untuk menghadapi Brunei Darussalam, Senin (26/12).

Tiga hari kemudian, pada 29 Desember, Asnawi Mangkualam Bahar dkk. bakal kembali bertanding di SUGBK memghadapi Thailand. Rangkaian pertandingan Tim Merah-Putih di Grup A ditutup dengan bertandang ke markas Filipina, Stadion Rizal Memoriam, Manila, Senin (2/1).

Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri Witan Sulaeman Pratama Arhan Alif Asnawi Mangkualam Shin Tae-yong Piala aff Timnas kamboja Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.292

Bagikan