BolaSkor.com - Pemain Timnas Indonesia U-19 dan U-23, Egy Maulana Vikri, memang sudah terikat kontrak dengan klub kasta tegrtinggi sepak bola Polandia (Ekstraklasa), Lechia Gdansk. Pemain berumur 17 tahun tersebut dikontrak selama tiga tahun oleh Lechia Gdansk.

Namun, kontrak Egy baru aktif paada tanggal 8 Juli 2018. Seiring dengan umur Egy yang sudah mencapai 18 tahun. Sebab, sesuai aturan FIFA tentang pemberian kontrak profesional kepada pemain muda, sang wonderkid harus berumur 18 tahun.

Meski begitu, Lechia Gdansk berpeluang terdegradasi dari Ekstraklasa musim ini. Lechia Gdansk saat ini menduduki posisi ke-13 klasemen sementara Ekstraklasa dengan perolehan 27 poin dari 27 laga.

Ekstraklasa sendiri diikuti 16 klub. Nantinya, 16 klub memainkan 30 laga. Setelah itu, Ekstraklasa dibagi dua format saat memasuki April 2018 atau dalam istilah dimaksud di sana format kualifikasi babak juara dan kualifikasi babak degradasi.

Di mana, peringkat 1-8 memperebutkan posisi delapan besar dan juara dalam kualifikasi babak juara. Sedangkan, posisi 9-16 menentukan posisi peringkat sembilan besar ke bawah hingga degradasi.

Nantinya, di babak kualifikasi babak juara dan degradasi hanya memainkan tujuh laga. Setiap tim hanya bertemu satu kali dengan lawan.

Peringkat 1-4 dan 9-12 memainkan empat laga kandang dan tiga pertandingan tandang. Sedangkan, peringkat 5-8 dan 13-16 memainkan tiga laga kandang dan empat pertandingan tandang.

Lechia Gdansk hanya unggul empat poin dari posisi dasar klasemen sementara Ekstraklasa yang diduduki oleh Sandecja Nowy Sacz.

Ayah angkat Egy, Subagja Suihan mengatakan, anak asuhnya bakal dijual jika Lechia Gdansk terdegradasi. Ia menyebut Benfica mungkin saja menjadi pelabuhan Egy berikutnya.

"Ya sekarang Egy ini sudah menjadi aset mereka jadi itu sudah jadi hak mereka. Tapi saya rasa mereka juga enggak mau aset mereka bermain di kasta kedua, pasti bila sudah mau degradasi mereka akan buru-buru jual Egy," kata Subagja Suihan.

"Semua kemungkinan ada. Jadi sekarang Egy bisa dijual ke klub ke mana saja," tuturnya.