Eibar, Bukti Keterbatasan Bukanlah Penghalang Kesuksesan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 25 November 2018
Eibar, Bukti Keterbatasan Bukanlah Penghalang Kesuksesan
Para pemain Eibar usai mengalahkan Real Madrid. (Twitter/SDEibar)

BolaSkor.com - Sebelum SD Huesca promosi ke musim ini, SD Eibar menyandang predikat klub terkecil di LaLiga. Kini, Eibar sudah memasuki musim kelima mereka secara beruntun di LaLiga sejak promosi untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 2014 lalu.

Sejarah kembali diukir Eibar menyusul kemenangan telak 3-0 atas sang raksasa, Real Madrid. Ini menjadi kemenangan pertama atas Madrid sepanjang sejarah. Hasil yang luar biasa agi klub yang berkandang di stadion berkapasitas 7.000 tempat duduk.

Ibarat dongeng karya Jonathan Swift "Gulliver’s Travels" yang mengisahkan perjalanan Gulliver ke negeri liliput. Kisah Eibar adalah kebalikannya. Eibar adalah klub liliput yang sedang berpetualang di negeri raksasa.

Kisah lain yang acap dikaitkan dengan Eibar tentu saja David dan Goliath. Usai mengalahkan Real Madrid, kisah tersebut sangatlah pas. Dengan modal pas-pasan, David mampu menumbangkan Goliath.

Perjalanan Eibar menuju pentas tertinggi sepak bola Spanyol terbilang berliku dan dapat menjadi inspirasi. Meski promosi sebagai kampiun Divisi Segunda, Eibar nyaris ditolak masuk Divisi Primera. Kala itu minimnya kekuatan finansial nyaris membuyarkan impian mereka.

Di sinilah titik dimana Eibar menjadi sumber inspirasi. Untuk bisa memenuhi syarat finansial, klub tidak mencari pengusaha atau konsorsium besar untuk menyuntikan dana. Mereka tidak mencari pinjaman yang pada akhirnya justru bisa menjerat mereka ke dalam kesulitan lebih besar.

Sehubungan dengan urusan finansial ini sendiri sejatinya Eibar adalah contoh. Meski dinilai tidak memenuhi syarat, dalam hal ini terkait adanya jaminan bank, Eibar merupakan satu-satunya klub dengan neraca keuangan positif alias tidak memiliki utang. Dengan kata lain, sebenarnya neraca keuangan Eibar jauh lebih baik ketimbang klub-klub besar Eropa yang hidup dengan uang pinjaman.

Lalu langkah apa yang dilakukan Eibar? Untuk mendapat tambahan dana, Eibar membuka penjualan opsi saham kepada publik dengan memaksimalkan kampanye di media sosial. Alhasil, bantuan pun datang. Tak hanya dari Eibar, tapi dari seluruh dunia yang simpati dengan klub yang berdiri pada 1940 ini.

LaLiga Eibar
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.108

Bagikan