Eko Yuli dan 4 Lifter Indonesia Lolos ke Olimpiade Tokyo 2020

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 12 Juni 2021
Eko Yuli dan 4 Lifter Indonesia Lolos ke Olimpiade Tokyo 2020

BolaSkor.com - Kabar baik datang dari cabang olahraga angkat besi. Eko Yuli Irawan dan empat lifter Indonesia lainnya dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Kepastian itu disampaikan International Weightlifting Federation (IWF), Jumat (11/6). Eko menempati rangking kedua di kelas 61kg.

Sementara Deni ada di peringkat delapan besar 67kg. Lalu menyusul Rahmat Erwin Abdullah yang lolos dari jalur kontinental.

Di kategori putri, Indonesia meloloskan Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg. Kemudian Nurul Akmal di kelas +87 kg. Nurul menempati peringkat enam besar kualifikasi.

Kepala bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja, tak henti mengucap syukur atas keberhasilan lifter Indonesia menembus Olimpiade Tokyo 2020. Di tengah pandemi Covid-19, Eko dkk. berjuang di tengah keterbatasan.

Baca Juga:

IFeL Liga 2: Persis Solo Puncaki Klasemen, Baim Jadi Player of the Week

Sudah Setengah Abad, Pordasi Tetap Tak Ketinggalan Zaman

"Khusus Erwin, merupakan proses yang sangat mendebarkan mengingat pada periode awal Prakualifikasi di April 2019 masih berjuang untuk masuk 13 besar (8 ranking dunia dan 5 dipilih dari wakil kontinental)," kata Hadi.

“Setelah 6 juni 2021, federasi dunia terus menyesuaikan poin tiap lifter, dan akhirnya Rahmat berhasil masuk. Ia juga merupakan wakil Asia Bersama China, Jepang, Korea untuk Olympic Games ini," sambungnya.

Tak kalah mengharukan adalah perjuangan Nurul. Sebelumnya Nurul menempati peringkat 14 dunia.

“Nurul lebih hebat lagi karena perjuangan melewati 5 negara kuat, seperti Ukraina, Ecuador karena kasus penyesuaian lifternya, lalu Samoa kasus federasi Oceania, sedangkan Korea sudah memiliki satu wakil dan Korea Utara tidak ikut," ujar Hadi.

Breaking News Olimpiade Olimpiade Tokyo 2020 Angkat Besi Eko Yuli Irawan
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan