BolaSkor.com - Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez, mengaku sangat mengagumi pelatih-pelatih asal Italia. Xavi pun memberikan pujian kepada para pelatih asal negara tersebut.

Xavi memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada pertengahan 2018. Xavi sempat membela klub Qatar, Al-Sadd, setelah meninggalkan Barcelona.

Xavi masih membela Al-Sadd setidaknya hingga musim 2018. Meski begitu, mantan pemain Barcelona itu telah menyiapkan diri sebagai pelatih untuk menyongsong masa pensiun.

Sebagai pemain, Xavi menjadikan Pep Guardiola sebagai panutan. Kebetulan, keduanya memang pernah bekerja sama ketika membela Barcelona.

"Pep Guardiola merupakan teman baik saya dan pelatih yang hebat. Saya bekerja dengannya selama beberapa tahun dan mengagumi Guardiola," ujar Xavi Hernandez kepada Corriere dello Sports.

Meski begitu, Xavi kagum dengan para pelatih asal italia. Menurut pria berusia 38 tahun itu, pelatih-pelatih asal Italia memiliki pemahaman sepak bola yang bagus.

"Italia selalu memiliki pelatih hebat. Saya mempelajari gaya bermain Maurizio Sarri di Chelsea. Menurut saya, Sarri membuat timnya bermain mengalir," kata Xavi.

"Saya juga menyukai Carlo Ancelotti dan Antonio Conte. Saya mengenal Ancelotti ketika dia menangani Real Madrid. Namun, Ancelotti terkenal sebagai pemenang di mana pun."

"Antonio Conte membuat timnya sulit dikalahkan dan Anda mengetahui itu hanya dengan melihatnya. Dia melatih Juventus, timnas Italia dan Chelsea," lanjut Xavi.