Eksklusif Shin Tae-yong: Rahasia Hubungan Handie Talkie dengan Timnas Indonesia U-19

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 11 Oktober 2020
Eksklusif Shin Tae-yong: Rahasia Hubungan Handie Talkie dengan Timnas Indonesia U-19
Shin Tae-yong (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Ada cerita menarik dari manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan ini secara terbuka memberi tahu manfaat handie talkie dalam karier kepelatihannya.

Sebelumnya, kesuksesan Shin Tae-yong di Korea Selatan dalam karier kepelatihannya mendapat julukan sihir wireless. Ini setelah memimpin tim dari tribun penonton dengan handie talkie.

Bahkan, julukannya sebagai sihir wireless mendapat perlawanan dari mantan eks pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias. Pertemuan keduanya dilabeli Magic.

Saat itu , Sergio Farias melatih Pohang Steelers. Sedangkan Shin Tae-yong melatih Seongnam Ilhwa Chunma.

Baca Juga:

Irfan Jauhari Siap Berjuang untuk Dapatkan Hasil Maksimal ketika Melawan Makedonia Utara

Shin Tae-yong Akan Lakukan Rotasi Pemain saat Melawan Makedonia Utara

Shin Tae-yong
Sergio Farias Vs Shin Tae-yong. (Chosun)



Namun, Sergio Farias tampak tak berdaya ketika beradu taktik dengan Shin Tae-yong. Dalam tiga pertemuan sebelum jumpa di babak play-off K-League 2009 seperti dilaporkan Chosun pada 28 November 2009, Shin Tae-yong mencatatkan dua kemenangan dan satu hasil seri.

Adapun di babak play-off, yang duelnya kembali dilabeli magic, Shin Tae-yong membawa Seongnam Ilhwa Chunma menang 1-0 atas Pohang Steelers di semifinal play-off sebelum kalah di final dari Jeonbuk Hyundai Motors.

Shin Tae-yong
Shin Tae-yong gunakan handie talkie. (Yonhap)



Shin Tae-yong mengaku, memang menggunakan handie talkie sebagai alat yang membantunya dalam menjalani karier sebagai pelatih. Ini sebagai alat penunjang komunikasi dengan para asisten pelatihnya.

"Saya memang menggunakan handie talkie, ini merupakan alat penunjang komunikasi dengan para asisten saya di lapangan. Ketika latihan, pasti asisten saya terbagi untuk melatih para pemain dengan keahliannya. Saya memantau dari kejauhan untuk melihat secara keseluruhan," kata Shin Tae-yong secara eksklusif kepada BolaSkor.com melalui PSSI.

"Jika ada yang salah saya akan memberitahu asisten saya di lapangan. Saat ini, saya belum lagi menggunakan metode ini sangat menangani Indonesia (Timnas Indonesia)," tambahnya.

Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan