BolaSkor.com - Pekan 29 LaLiga menjelang jeda internasional bulan Maret menghadirkan pertandingan besar. Ya, Real Madrid akan menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, Senin (21/03) pukul 03.00 dini hari WIB.

Kedua tim saat ini terpaut 15 poin: Madrid di urutan satu dengan 66 poin dari 28 laga, sementara Barcelona di peringkat tiga dengan 51 poin dari 27 pertandingan. Madrid juga punya catatan bagus.

Los Blancos memenangi lima laga terakhir melawan Blaugrana di seluruh kompetisi, kurang dua kemenangan dari catatan terbaik mereka pada medio April 1962 dan Februari 1965 di El Clasico. Kendati demikian kondisi Barca berbeda kini.

Barcelona akan melawan Madrid dengan catatan tak terkalahkan (unbeaten) di 12 laga LaLiga beruntung, memenangi empat laga terakhir mereka dengan catatan empat gol atau lebih di lima dari sembilan laga di seluruh kompetisi.

Baca Juga:

Perempat Final Liga Champions: Dominasi Klub Spanyol dan Inggris

Hasil Liga Europa: Barcelona Comeback, Porto dan Sevilla Tersingkir

Xavi Bicara Tentang Remontada Barcelona

Di bawah arahan legenda klub, Xavi, Barcelona perlahan kembali memperlihatkan DNA bermain mereka: sepak bola ofensif dan menghibur. Dengan kepercayaan diri itu Barcelona bisa tampil berbeda lawan Madrid.

Jelang El Clasico mantan bek Madrid, Aitor Karanka, turut mengomentarinya. Karanka yang menghabiskan lima musim di Madrid dan memenangi tiga titel Liga Champions menilai keuntungan ada pada mantan klubnya.

Selain bermain di Santiago Bernabeu, Karanka yakin tekanan ada pada Barcelona yang butuh poin untuk mengamankan tempat di empat besar. Selain itu jikalaupun Madrid kalah atau imbang jarak poin di antara keduanya masih besar.

“Keunggulan tuan rumah selalu menjadi keuntungan dalam pertandingan ini (Clasico),” ujar Karanka kepada Mirror.

“Terutama ketika Real Madrid mengalahkan PSG sepuluh hari yang lalu dan memiliki kesempatan untuk beristirahat sedikit minggu ini. Mereka memiliki beberapa pemain dengan cedera cedera sehingga kami perlu melihat siapa yang fit.”

“Barcelona tidak memiliki waktu yang sama untuk mempersiapkan pertandingan – dan Barca memiliki lebih banyak tekanan untuk memenangkan El Clasico ini karena mereka harus terus menambah poin untuk berada di Liga Champions tahun depan."

"Real Madrid adalah favorit untuk memenangkan pertandingan ini dan bahkan jika itu seri, itu akan lebih cocok untuk mereka daripada Barcelona," terang Karanka.

Ketimbang Madrid yang bermain melawan PSG tengah pekan lalu dan juga akhir pekan lalu di LaLiga, Barcelona memang tak punya banyak waktu memulihkan kondisi pemain pasca tampil di Liga Europa lawan Galatasaray, Jumat (18/03) dini hari WIB.