El Clasico: Kembalinya Xavi ke Santiago Bernabeu

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 19 Maret 2022
El Clasico: Kembalinya Xavi ke Santiago Bernabeu
Xavi Hernandez (Twitter)

BolaSkor.com - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menjalani beberapa pertandingan spesial di kandang Real Madrid sebagai pemain. Namun, sekarang ia ingin kembali menang atas rivalnya sebagai pelatih.

Xavi dan Barcelona akan bertandang ke Santiago Bernabeu pada Senin (21/3) dini hari WIB. Barca berharap dapat mempersulit peluang juara milik Los Blancos, sekaligus mengirim pesan bahwa mereka mulai bangkit.

Barcelona ingin menunjukkan kepada Real Madrid bahwa mereka dalam jalur yang tepat untuk kembali ke papan atas, setelah hanya bisa menyaksikan sang rival dan Atletico Madrid menjadi juara LaLiga dalam dua musim terakhir.

El Clasico adalah pertandingan terbesar di tingkat klub, dan Xavi paham betul makna pertandingan ini. Ini adalah pertama kalinya dia akan kembali ke Bernabeu sejak 2014.

Baca Juga:

Perempat Final Liga Champions: Dominasi Klub Spanyol dan Inggris

El Clasico, Barcelona Lebih Tertekan ketimbang Real Madrid

Xavi Bicara Tentang Remontada Barcelona

Selain itu, setelah kekalahan tipis dari Real Madrid di Piala Super Spanyol pada Januari silam, pertandingan ini akan menjadi kesempatan bagi Barcelona untuk membuktikan diri bahwa mereka telah membaik.

Barcelona secara impresif naik ke peringkat tiga dari peringkat sembilan sejak Xavi menjabat sebagai pelatih dan saat ini mereka kembali mengincar kemenangan untuk menggeser Sevilla FC di peringkat dua, yang unggul lima poin dan memainkan satu laga lebih banyak dari Blaugrana.

Di luar klasemen, rivalitas kedua tim ini cukup menjadi alasan untuk menantikan pertandingan Senin dini hari banyak dinanti.

Sebagai pemain, Xavi memahami betul arti pertandingan ini, dan menjalani beberapa momen indah di Bernabeu, termasuk ketika ia mencatatkan empat asis dalam kemenangan 6-2 Blaugrana atas tim tuan rumah pada Mei 2009.

Mulai dari tendangan bebas sempurna yang dikonversi Carles Puyol menjadi gol, hingga ke umpan indah kepada Thierry Henry, Xavi menunjukkan satu di antara performa terbaiknya di pertandingan tersebut. "Itu adalah sebuah hari yang spektakuler," kata Xavi. "Superioritas kami di Bernabeu memberikan saya sensasi yang luar biasa."

Rekor Xavi di Bernabeu cukup impresif dengan delapan kali menang, enam kali imbang, dan tujuh kali kalah di seluruh kompetisi. Kemenangan 2-0 di leg pertama semifinal Liga Champions pada April 2011 juga patut dikenang, di mana ia mencatatkan dua asisst.

Pada Maret 2014, pelatih Barcelona itu juga memimpin timnya sebagai kapten dalam kemenangan 4-3 di ajang LaLiga di Bernabéu, meskipun mungkin pertandingan yang paling relevan dengan kembalinya dia pada Senin dini hari nanti adalah kemenangan 2-1 pada April 2004.

Barcelona berhasil menang berkat gol akrobatik Xavi, yang mengkonversi umpan Ronaldinho. Gol tersebut menghancurkan mimpi Real Madrid untuk meraih gelar LaLiga musim itu.

Momen tersebut juga menandai dimulainya periode emas Barca di Bernabeu, titik balik dalam sejarah klub. Sekitar 4.000 penggemar Barcelona menyambut pahlawan mereka yang kembali di bandara kota dalam perayaan, memahami pentingnya kemenangan tersebut.

Setelah kepergian Xavi, Real Madrid menyerang balik dalam beberapa tahun terakhir dan menang di Bernabeu dalam dua musim terakhir dengan rentetan lima kemenangan beruntun yang mengesankan atas rival mereka di semua kompetisi.

Tim asuhan Carlo Ancelotti menang 2-1 di Camp Nou pada Oktober melawan Barca asuhan Ronald Koeman. Hasil tersebut mengakhiri Kerjasama Barcelona dengan pelatih asal Belanda tersebut.

Barcelona berharap kembalinya Xavi ke Bernabeu dapat membalikkan keadaan, terutama dengan sejarah Xavi yang cukup baik di kandang sang rival sebagai pemain.

Barcelona Real Madrid Breaking News Xavi Hernandez El clasico
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan